Jakarta (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau agar masyarakat di Sumatera, Jawa dan Nusa Tenggara mewaspadai potensi hujan lebat yang akan terjadi hingga tiga hari ke depan.

"Waspada potensi hujan lebat di Sumatera, Jawa dan Nusa Tenggara pada 19 hingga 22 September," kata Kabag Humas BMKG Hary T Djatmiko dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin.

Dari kondisi atmosfer terkini terpantau beberapa indikasi munculnya potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang sekitar Pulau Jawa, Sumatera, Bali dan Nusa Tenggara dalam periode tiga hari ke depan.

Daerah yang berpotensi hujan lebat yaitu Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Banten.

Juga wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Pesisir Selatan Pulau Jawa, Bali dan NTT.

"Masyarakat diimbau waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, genangan, banjir bandang, pohon tumbang dan jalan licin," katanya.

Bagi pengguna dan operator jasa transportasi laut, nelayan dan masyarakat yang berlibur ke wilayah pesisir diimbau untuk mewaspadai potensi gelombang laut tinggi antara 2,5 meter hingga 4,0 meter di Laut Andaman, Perairan Barat Sabang.

Gelombang tinggi juga diperkirakan terjadi di Perairan Enggano Barat Lampung, Selat Sunda bagian Selatan, Samudera Hindia Barat Sumatera - Selatan NTB, Perairan Selatan Jawa - Pulau Sumbawa, Selat Bali bagian Selatan, Selat Lombok bagian Selatan dan Selat Alas bagian Selatan.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016