New York (ANTARA News) - Harga minyak dunia naik pada Senin (Selasa pagi WIB), karena investor menaikkan ekspektasi untuk kesepakatan mendukung pasar dari OPEC.

Harga minyak mendapat dukungan karena Presiden Venezuela, Nicolas Maduro, Minggu, mengatakan, negara-negara OPEC dan non-OPEC hampir mencapai kesepakatan untuk menstabilkan pasar minyak.

Menteri Perminyakan Venezuela, Eulogio Del Pino, Senin, mengatakan, pasokan minyak global perlu diturunkan sepersepuluh untuk menyesuaikan dengan tingkat konsumsi.

Negara-negara anggota OPEC dan Rusia dijadwalkan bertemu di sela-sela Forum Energi Internasional di Aljazair yang dimulai pada 26 September hingga 28 September.

Harga minyak juga didukung karena dolar AS yang melemah mengangkat sentimen investor, yang membuat minyak yang dihargakan dalam denominasi dolar AS lebih menarik bagi pemegang mata uang lainnya.

Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama, turun 0,26 persen menjadi 95,859 pada akhir perdagangan Senin.

Patokan AS, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Oktober bertambah 0,27 dolar AS menjadi menetap pada 43,30 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange.

Sementara itu, patokan Eropa, minyak mentah Brent untuk pengiriman November naik 0,22 dolar AS menjadi ditutup pada 45,95 dolar AS per barel di London ICE Futures Exchange. 

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016