Santiago (ANTARA News) - Dua pendaki gunung tewas ketika berusaha mencapai puncak gunung berapi Puntiagudo di Chile Selatan, setelah terjebak dalam cuaca buruk tanpa persiapan, kata para petugas pada Senin.

Martin Marines seorang warga Argentina (23) dan Diego Campos asal Chile (25) adalah bagian dari dua kelompok terpisah yang mencoba mendaki gunung berapi yang menantang serta diselimuti salju.

Nama Puntiagudo dalam bahasa Spanyol berarti "runcing."

Pendaki lain asal Argentina dilaporkan hilang, sedangkan pendaki Chile kedua diselamatkan di puncak gunung tersebut dengan ketinggian 2.493 meter dan telah dibawa ke rumah sakit, kata Kantor Darurat Nasional (ONEMI).

"Gunung berapi Puntiagudo adalah puncak yang sangat teknis. Sepertinya para pria muda ini tidak memiliki persiapan yang cukup untuk melakukan pendakian di sektor ini," kata Alejandro Verges, direktur Onemi untuk wilayah Los Lagos.

"Sayangnya kondisi cuaca buruk," katanya kepada wartawan.

Para petugas tidak memberikan informasi penyebab tewasnya dua pendaki tersebut.

Pendaki asal Argentina lain yang tergabung dengan salah satu kelompok pendaki tersebut berhasil turun dengan selamat pada Kamis dan memberitahukan pihak berwenang bahwa teman-temannya dalam kesulitan.

Petugas penyelamat masih mencari pendaki yang hilang tersebut, demikian menurut laporan AFP.

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016