Jakarta (ANTARA News) - iOS 10 telah sekitar satu minggu dirilis. Sistem operasi versi terbaru milik Apple tersebut secara resmi diperkenalkan dalam gelaran Worldwide Development Conference (WWDC) pada Juni lalu dengan versi beta pra rilis.

Meski baru sekitar seminggu diluncurkan, firmware terbaru tersebut dilaporkan telah berhasil mencapai sebagian besar basis pengguna yang dimaksudkan.

Dari total jumlah keseluruhan perangkat iPhone, iPad dan iPod yang kompatibel dengan iOS 10, sepertiganya saat ini telah menjalankan sistem operasi tersebut.

Perusahaan teknologi yang berbasis di Cupertion itu dinilai cukup baik untuk instalasi sistem operasi versi terbaru. Hal tersebut dikarenakan, tidak seperti Android, mitra OEM tidak mengintervensi proses bergulirnya sistem operasi.

Karena Apple mendesain hardware-nya sendiri dan menggunakan platform closed-source, update sistem operasi menjangkau pada pengguna dalam waktu yang bersamaan.

Awal bulan ini, Apple secara resmi mengungkapkan hampir 9 dari 10 perangkat yang kompatibel dengan iOS 9 telah menjalankan versi sistem operasi tersebut.

Dengan tingkat instalasi 33,64 persen kurang dari seminggu, pemilik iDevice dinilai cepat mengadopsi iOS 10. Meski demikian, iOS 9 yang memecahkan rekor 66 persen tingkat adopsi dalam dua minggu, diperkirakan tidak dapat ditiru oleh iOS 10, demikian Phone Arena.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2016