Bandung (ANTARA News) - Kontingen Jawa Barat menyapu bersih dua medali emas pada final pertama cabang olahraga squash PON XIX/2016 Jabar di Siliwangi Squash Center Kota Bandung, Selasa.

Setelah emas pertama diraih atlet putri Jabar Yeni Siti Rohmah pada nomor perorangan putri, Jawa Barat menyabet emas kedua dari perorangan putra melalui andalannya Ade Furqon yang mengalahkan andalan DKI Jakarta Aris Setiawan 3-1 (11-7, 3-11, 11-6, 13-11).

Ade Furqon berhasil mempertahankan medali emas PON untuk kedua kalinya bagi Jawa Barat pada nomor itu. Pada PON 2012 Riau, Jawa Barat meraih nomor perorangan putra melalui Heru.

"Saya senang bisa mempertahankan emas PON pada nomor ini. Namun yang lebih senang karena saya bisa menjawab kepercayaan untuk tampil di perorangan pada perorangan ini," katanya.

Atlet andalan Jabar itu tampil percaya diri sepanjang pertandingan. Termasuk saat tertinggal dan kalah pada set kedua 3-11, namun ia bisa bangkit pada dua set berikutnya.

Sukses Yeni dan Firqon mendapat apresiasi dari Ketua Umum KONI Jabar H Ahmad Saefudin yang mengalungkan medali kepada para pemenang.

"Ini hari luar biasa bagi Jabar di cabang squash, dua emas sekaligus dan memang ini target kita," kata Ahmad.

Cabang squash masih menyisakan tiga medali emas pada nomor beregu putra dan putri serta campuran. Sedangkan nomor ganda tidak dipertandingkan karena terkendala fasilitas lapangan.


Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016