Praha (ANTARA News) - Presiden Ceko Milos Zeman mengaku akan memilih Donald Trump seandainya dia memiliki hak pilih pada Pemilu AS November mendatang.

"Saya tak akan mencampuri politik dalam negeri Amerika. Saya hanya akan mengatakan, jika saya warga negara Amerika, saya akan memilih Donald Trump," kaya dia kepada idnes.cz, laman harian Mlada Fronta Dnes.

Zeman yang suka bicara blak-blakan kerap berseberangan dengan kebijakan pemerintah pada sejumlah masalah dan bahkan menyerukan referendum bagi keanggotaan Ceko dalam Uni Eropa dan NATO, kendati dia mengaku akan memilih tetap berada dalam Uni Eropa dan NATO.

Agustus silam, Perdana Menteri Bohuslav Sobotka justru menyebut Hillary Clinton menjadi jaminan keamanan lebih baik bagi Ceko.

Sebaliknya Zeman menyebut Clinton akan melanjutkan kebijakan-kebijakan Presiden Barack Obama yang dinilainya keliru yang membuat Timur Tengah kacau balau.

Zeman bukan satu-satunya pemimpin yang mendukung Trump. Perdana Menteri HungariaViktor Orban juga menyebut kebijakan imigrasi dan luar negeri Trump merupakan hal vital bagi Hungaria, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016