Jakarta (ANTARA News) - Duduk terlalu lama bisa menganggu kesehatan tubuh. Oleh karenanya, melakukan peregangan dan sedikit latihan fisik di tempat kerja bisa menjadi cara menjaga tubuh tetap fit.

Berikut sejumlah gerakan yang bisa dilakukan di sela kesibukan kantor menurut ahli kebugaran Gaurav Dawar seperti dilansir Indian Express.

Saat berdiri: + Cobalah berjalan di sekitar kantor atau berjalan menggunakan tangga untuk pergi ke suatu tempat. Cara ini bagus untuk meregangkan kaki. + Angkat satu tumit dari lantai lalu perlahan turunkan.

Ulangi cara ini pada satu tumit lainnya. Cara ini bisa membantu membuat rileks betis anda. + Lalukan gerakan berdiri dan duduk sebanyak 10 kali.

Anda bisa melakukan gerak ini setidaknya tiga kali dalam sehari. + Berdirilah di depan meja atau furnitur lain yang stabil dan nyaman untuk berpegangan. Secara bertahap dorong tubuh anda, layaknya push up, tetapi dilakukan sambil berdiri. + Istirahatkan punggung anda dengan posisi membelakangi dinding. Jauhkan kedua kaki dari dinding dan tekuklah lutut.

Tahan posisi ini selama yang anda bisa dan ulangi beberapa kali. + Coba lakukan gerakan jumping jacks yakni dengan mengangkat lengan kanan dan pada saat yang sama menekan kaki kiri ke samping, sementara kaki kanan tetap di lantai. Lakukan gerakan ini selama satu menit.

Latihan saat duduk + Istirahatkan jari-jari kaki sembari menjaga kedua tumit tetap di lantai. + Saat duduk, angkat kedua kaki beberapa inci dari lantai. Tekuk kedua lutut pada posisi 90 derajat dan tahan posisi ini selama yang anda mampu. + Angkat kedua bahu setinggi yang anda bisa dan putar keduanya ke depan dan ke belakang sebanyak 10 kali. + Lakukan peregangan pada jari tangan dengan melakukan gerakan mengepal dan melebarkannya selama beberapa kali. + Jangan lupa lakukan peregangan bagian perut. Duduklah di tepi kursi dan regangkan kedua lengan ke depan. Pada saat yang sama, jagalah posisi punggung tetap tegak dan kontraksikan otot perut.

+ Peregangan leher tak boleh terlupakan. Lakukan gerakan menurunkan dagu dan menggerak-gerakkan kepala ke kanan dan ke kiri. Angkat dagu dan putar leher ke berbagai sisi.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016