Tidak mudah untuk melawan Atletico. Lini pertahanan mereka dikenal solid. Striker-striker mereka berkualitas dan punya mobilitas tinggi
Barcelona (ANTARA News) - Barcelona dilabel sebagi pesaing lawas Real Madrid. Seiring waktu berjalan, dan musim kompetisi bergulir, ternyata Liga Spanyol kini punya Atletico Madrid yang dibaptis sebagai salah satu rival dari tim raksasa Catalan.

Waktu mengadili, laga meneguhkan, soal siapa tim yang terkuat dan terunggul di negeri Matador. Barcelona siap meladeni Atletico Madrid dalam laga pekan kelima La Liga musim 2016/17 yang diadakan di Stadion Camp Nou, Barcelona, pada Kamis dini hari, pukul 03.00 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh SCTV.

Atletico Madrid berhutang besar kepada Diego Simeone yang berjuluk "Hati Singa". Ia membangun tim dengan kesungguhan, dengan berpatokan kepada kualitas dan etika kerja yang mumpuni.

Etika kerja, di mata Simeone, bukan bekerja dengan cara mengekor apa yang dikatakan manajer, melainkan pemain diharapkan tumbuh berkembang dengan kreativitas memadai ketika berada dan bertanding di lapangan.

Kemenangan dan kejayaan tim hanya didapat dari kreativitas yang berpijak dari masa lalu, masa kini, dan masa depan. Upaya memutus proses sejarah hanya melahirkan "raja-raja kecil" yang hanya bisa mengandalkan kerja individual, bukan kerja yang mengandalkan kolektivitas. Ini kredo yang ditanamkan di lubuk hati para pemain Atletico.

Menghadapi Atletico, jelas bahwa manajer Barcelona Luis Enrique tidak tanpa masalah. Ia menghadapi masalah serius mengenai sederet pemain yang masih dibekap cedera hampir di setiap laga di musim lalu.

Bek Samuel Umtiti mengalami cedera ligamen di lutut kiri. Ia bakal absen karena harus dirawat selama dua pekan. Kiprah pemain berpaspor Prancis ini demikian memesona di ajang internasional.

Warta gembiranya bahwa Lucho masih siap diturunkan di lini bek tengah menghadapi Atletico. Gerard Piqué dan Javier Mascherano menjadi duet yang menawan di musim lalu. Arus serangan Colchoneros - julukan Atletico - bakal dihadang oleh barisan pertahanan Barcelona.

Barcelona siap menurunkan trio MSN (Lionel Messi, Luis Suárez dan Neymar). Ketiga pemain ini dikenal sebagai mesin gol yang mengancam setiap lawan. Dalam hitungan dua tahun, trio maut itu mampu mengoleksi 250 gol.

Messi langganan menjebol gawang Atletico - ia menjaringkan 21 gol ke gawang Colchoneros - meski ia masih memerlukan dukungan penuh Suarez dan Neymar.

Komentar manajer:

* Luis Enrique (Barcelona):

"Mereka (Atletico) dikenal piawai dalam serangan balik dan mengambil tendangan bebas. Mereka tampil sebagai kandidat juara di setiap kompetisi, dengan begitu kami harus benar-benar serius menghadapi mereka."

"Kami harus mengurangi berbuat kekeliruan sekecil apapun ketika melawan mereka. Kami wajib disiplin menerapkan strategi di lapangan. Tidak mudah untuk melawan Atletico. Lini pertahanan mereka dikenal solid. Striker-striker mereka berkualitas dan punya mobilitas tinggi."

"Efektivitas menjadi kata kunci untuk mencetak gol. Kami perlu lebih jeli memanfaatkan lini depan. Ini pertandingan antara dua tim yang sama-sama punya  kelebihan dan kekuatan. Pertandingan bakal  berlangsung seru."

* Diego Simeone (Atletico Madrid):
"Jika kami tidak menang, itu karena kami tidak bertanding dengan sungguh-sungguh selama 90 menit. Saya beranggapan bahwa mereka (adalah klub terbaik di kolong langit sekarang ini). Mereka tampil dengan sepak bola yang brilyan, baik secara individu maupun kolektif."

"Kami punya skuad dengan berbagai opsi yang terus berkembang. Fakta tidak sekadar kata-kata. Masih diperlukan pembuktian. Kami berusaha tampil lebih baik agar dapat mencetak gol. Kami berusaha terus berkembang sebagai tim yang mengandalkan kolektivitas."  

Prakiraan susunan pemain:

* Barcelona ( 4-3-3):

Ter Stegen (penjaga gawang), Roberto, Piqué, Mascherano, Alba, Busquets, Rakitic, Iniesta, Messi, Suárez, Neymar.

* Atlético Madrid (4-3-3):
Oblak (penjaga gawang), Juanfran, Giménez, Godín, Filipe Luís, Augusto, Saúl, Koke, Griezmann, Gameiro, Carrasco

Data dan fakta (Opta Facts):

* Barcelona menjalani 12 laga tanpa kekalahan melawan Atletico (10 menang, dua imbang), mencetak rata-rata 2,25 gol setiap pertandingan.
* Atletico mencetak tidak lebih dari dua gol dalam ajang Liga Spanyol melawan Barcelona sejak Februari 2010.
* Sebagai manejer, prestasi Diego Simeone ketika melawan Barcelona, yakni tampil bermain sembilan kali, dua imbang dan tujuh kalah.  
* Sebagai manajer, pertemuan antara Simeone dengan Luis Enrique tidak pernah berakhir dengan hasil imbang.  
* Sebagai manajer, Luis Enrique mengemas tujuh kemenangan dari sembilan laga melawan Simeone di semua kompetisi.  
* Barcelona meraih tiga kemenangan dari empat laga melawan Atletico di musim lalu di semua komptisi, seluruhnya berakhir 2-1 (sekali kalah).   

Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah; D:imbang)

* Barcelona: W W L W W


17/9/16 Leganés 1 - 5 Barcelona
13/9/16 Barcelona 7 - 0 Celtic
10/9/16 Barcelona 1 - 2 Deportivo Alavés
28/8/16 Athletic Bilbao 0 - 1 Barcelona
20/8/16 Barcelona 6 - 2 Real Betis

* Atlético Madrid: W W W D D

17/9/16 Atlético Madrid 5 - 0 Sporting de Gijón
13/9/16 PSV Eindhoven 0 - 1 Atlético de Madrid
10/9/16 Celta de Vigo 0 - 4 Atlético de Madrid
27/8/16 Leganés 0 - 0 Atlético de Madrid
21/8/16 Atlético de Madrid 1 - 1 Deportivo Alavés

Head To Head:
 
13/4/16 Atlético Madrid 2 - 0 Barcelona
 5/4/16 Barcelona 2 - 1 Atlético Madrid
30/1/16 Barcelona 2 - 1 Atlético Madrid
12/9/15 Atlético Madrid 1 - 2 Barcelona
17/5/15 Atlético Madrid 0 - 1 Barcelona

Prediksi laga:

* Barcelona 3 - 1 Atlético Madrid (15 persen)
* Barcelona 2 - 1 Atlético Madrid (11 persen)
* Barcelona 2 - 0 Atlético Madrid (8 persen)

Prediksi Man of the Match:

1.Lionel Messi (37,5 persen)
2.Fernando Torres (25 persen)
3.Antoine Griezmann (21,88 persen)
4.Luis Suárez (9,38 persen)
5.Neymar (3,13 persen)

Rapor top of players (whoscored):

* Ratings
Barcelona:

L. Messi     8,15
L. Suárez     7,98
I. Rakitic     7,54
    
Atletico:
F. Luis 7,93
S. Ñíguez    7,66
Koke 7,55

* Goals:
Barcelona:

L. Messi     4
L. Suárez     4
J. Mathieu 1
    
Atletico:
A. Griezmann  4
F. Torres     2
K. Gameiro 2

Assists:
Barcelona:

L. Messi     2
A. Turan     2
L. Suárez     2

* Atletico:    
Koke 2
Juanfran 1
K. Gameiro 1

Lima prediksi jalannya laga:

* Barcelona mampu melesakkan 12 gol dalam dua pertandingan yang lalu, meski mereka hanya mencatatkan dua clean sheets dalam lima laga. Catatan ini menjadi peringatan bagi Atletico agar semakin mewaspadai lini pertahanan bila tidak ingin menjadi bulan-bulanan trio MSN.
* Barcelona mengandalkan trio MSN sebagai mesin pencetak gol. Ini sudah menjadi kalkulasi cermat bagi Simeone dalam meracik taktik.  
* Messi dan Suarez telah mengoleksi empat gol dalam empat penampilan di ajang laga.
* Neymar kian menunjukkan performa terbaiknya setelah kembali memperkuat timnas Brasil.
* Atletico mengoleksi empat clean sheet dengan membukukan 10 gol dalam tiga laga.

Prediksi hasil laga:

* Barcelona: 3
* Atletico Madrid: 2   

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016