Jakarta (ANTARA News) - PT Pertamina membuka Posko Pertamina Peduli untuk menyalurkan bantuan kepada para korban yang terimbas banjir bandang akibat meluapnya Sungai Cimanuk di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

"Kami secara maksimal akan memberikan bantuan melalui Pertamina Peduli, yang secara otomatis turun kapanpun terjadi bencana di daerah-daerah yang dekat dengan wilayah operasional Pertamina," ujar VP Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Posko Pertamina Peduli telah menyalurkan bantuan ke daerah terdampak bencana tersebut berupa kebutuhan pokok seperti sembako, makanan, air minum, dan bantuan medis.

Dia menambahkan, posko ini berlokasi dekat dengan Rumah Sakit Umum Slamet atau berada di kompleks Pertamina Jalan Pembangunan, Garut.

Selain itu, Tim Pertamina Peduli sedang mengumpulkan bantuan pakaian, peralatan sekolah, dan seragam sekolah dari para pekerja Pertamina.

Pertamina Peduli juga mengantisipasi kebutuhan logistik lain bagi para korban bencana dengan menyiapkan bantuan 200 lembar selimut, popok bayi, dan susu bayi siap minum.

Menurut rencana, Posko juga akan menyiapkan bantuan medis lebih besar untuk pemeriksaan kesehatan dan obat-obatan.

Pertamina juga akan menjadi koordinator posko penyaluran bantuan BUMN Peduli yang berlokasi di Makodim 0611/Garut.

"Pertamina terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk menyalurkan bantuan bagi korban banjir," lanjutnya.

Wianda juga menambahkan saat ini stok BBM di Jawa Barat dalam keadaan aman sampai tujuh hari mendatang.

Tim Pertamina yang berada di lapangan akan terus memastikan bencana banjir bandang Garut tidak mengganggu penyaluran BBM ke masyarakat.

Pewarta: Satyagraha
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016