Beirut (ANTARA News) - Pasukan pemerintah Suriah dan sekutunya melancarkan serangan ke Provinsi Hama di bagian barat negara itu pada Rabu, sejak bentrokan meluas beberapa hari setelah runtuhnya gencatan senjata, lapor kalangan pemberontak, pemantau dan media pro-Damaskus.

Bentrokan antara pihak pemerintah dan gerilyawan terpusat di pedesaan Hama bagian utara.

"Serangan itu sangat sengit, yang dibukakan jalannya oleh Rusia, tetapi (serangan) itu bisa ditangkis oleh saudara-saudara kami, puji Tuhan," kata komandan gerilyawan yang bertarung bergabung dengan kelompok Islamis Jaish al-Fatah, Abu al-Baraa al-Hamawi.

Ia mengatakan gerilyawan menghancurkan empat tank dan mengakibatkan kerugian yang besar di pihak pasukan pemerintah. Bentrokan itu bertambah sengit pagi ini.

Para gerilyawan yang bertempur di kawasan itu termasuk kelompok jihad Jund al-Aqsa.

Stasiun televisi pemerintah Suriah dan televisi Al Manar milik sekutu Damaskus, kelompok Syiah Lebanon Hisbullah, menyatakan pasukan pemerintah telah menewaskan sejumlah gerilyawan dan menghancurkan kendaraan-kendaraan mereka.

Kelompok pemantau Pengamat HAM Suriah melaporkan terdapat peningkatan pergerakan pasukan pemerintah di kawasan itu, demikian Reuters.

(D020)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016