Soreang, Kabupaten Bandung (ANTARA News) - Lifter angkat besi Jawa Barat Sonia F Lestari pada kelas 69 kilogram menyumbangkan medali emas bagi kontingennya.

Pada pertandingan cabang angkat besi PON XIX 2016 di Gelora Sabilulungan, Kabupaten Bandung, Kamis Sonia mampu mengumpulkan angkatan seberat 197 kg, akumulasi dari angkatan snatch seberat 87 kg dan dan clean and jerk 110 kg.

Medali perak diraih lifter Lampung Fenna Yuliyani dengan total angkatan 193 kg dari angkatan jenis snatch seberat 82 kg dan clean and jerk 111 kg.

Sedangkan medali perunggu milik lifter Jawa Timur Prapti Tri Setiawati dengan total angkatan 192 kg, dari snatch 86 kg dan clear and jerk 106 kg.

Pelatih Sonia yang juga ayah kandungnya, Sodikin mengaku terharu karena lifter tersebut nyaris dicoret oleh PABBSI setempat karena waktu seleksi sedang pemulihan cedera.

"Saya yakinkan ke pengurus bahwa anak saya ini memiliki mental juara dan ternyata benar," kata dia.

Sodikin yang juga mantan lifter itu mengaku.bangga karena perjuangan mendidik anak hingga jadi lifter berhasil.

"Dia baru latihan angkat besi ketika SMP. Dulu mencoba bulu tangkis," tambah Sodikin yang menyebutkan semula Sonia tidak ditargetkan meraih medali karena baru sembuh tiga bulan menjelang PON.





Pewarta: Triono Subagyo
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016