Jakarta (ANTARA News) - GameStart yang tahun lalu dihadiri 17 ribu gamers, pada tahun ini akan berlangsung di Suntec Convention Centre Singapura dari tanggal 7 hingga 9 Oktober.

Siaran pers GameStart 2012 menyebutkan, penggemar game selama tiga hari penuh dengan keseruan game, termasuk pameran dan preview, tamu internasional, cosplay, dan hal-hal yang menjadi favorit pengunjung seperti permainan arkade populer Retro DNA, dan juga permainan konsol dari generasi sebelumnya secara gratis maupun berbayar.

Tahun ini, penggemar akan dapat melihat fokus yang lebih tajam pada eSports, atau game yang kompetitif, dengan beberapa turnamen yang dapat diregistrasi oleh pengunjung.

Selain itu, akan ada juga penawaran khusus pada game, perangkat peripheral, perangkat keras, dan berbagai merchandise dari franchise game populer bagi mereka yang tidak ingin pulang dengan tangan kosong.

Selaras dengan tujuan GameStart untuk menyatukan semua aspek dari gaming di satu tempat, termasuk dalam daftar peserta tahun ini adalah peserta kelas berat seperti PlayStation, Bandai Namco Entertainment Asia dan FunPlus, serta menonjolkan pengembang dan perusahaan game lokal dan indie seperti Witching Hour Studios, pembuat koleksi patung Kinetiquettes dan Armageddon, merk perangkat peripheral game Singapura.

Pengunjung GameStart 2016 dapat memainkan semua jenis permainan – dari retro ke indie, triple A, dan bahkan permainan kartu, dengan highlight utama pada demo preview game yang belum dirilis.

Daftar game yang akan hadir akan diumumkan pada saat mendekati acara. Penggemar game Jepang Touken Rambu dapat bertemu dengan Yuta Hanazawa dari DMM Games.
Ada juga pertunjukan special dari Az Samad, gitaris dari Malaysia yang telah membawa Distant Worlds: Music from Final Fantasy juga akan hadir membawakan beberapa lagu terpilih.

Cosplay adalah bagian besar dari konvensi game berbagai jenis, dan GameStart 2016 akan membawa dua cosplayer ternama, Miu (Vietnam) dan Okageo (AS), yang akan menjadi juri di acara GameStart Cosplay Runway.

Selain itu, eSports, atau game yang kompetitif,  telah membuat gaming sebagai semacam olahraga yang memiliki penonton jutaan orang dan menarik miliaran sponsor serta  biaya periklanan di seluruh dunia.

PlayStation juga akan menjadi sponsor turnamen permainan konsol terbesar di Asia Tenggara yang akan diselenggarakan di GameStart.

Pengunjung dapat menikmati aksi dari eSports kelas berat, dan pemain Street Fighter ternama dari seluruh dunia yang akan berkunjung ke Singapura untuk bersaing di tempat yang didambakan   Capcom Cup 2016 Finals, yaitu final liga global selama setahun yang akan memberikan hadiah senilai 500 ribu dolar AS.

Turnamen ternama lainnya adalah Guilty Gear Xrd –REVELATOR--, BlazBlue Central Fiction dan aksi yang sangat ditunggu-tunggu yaituKing of Fighters XIV, dimana  sebagian besar pemainnya merupakan kualifikasi final turnamen regional di Jepang dan Cina.

Figur-figur ternama yang akan hadir adalah Daigo “The Beast” Umehara, Gootexks dan Mike Ross dari Cross Counter TV, Mark “Markman” Julio dan Ho Kun Xian, dan bintang Singaporean Street Fighter Ho Kun Xian, yang merupakan gamer profesional yang disponsori oleh Razer.

Turnamen FIFA tahunan GameStart dan GameStart Championship Cup juga akan kembali hadir dengan dukungan dari Xbox Singapore.

Terdapat juga Founders Base, tempat pengembang game indie dan start-up menunjukkan karya mereka kepada para pengunjung.

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016