Saya suka dengan orang yang selalu berusaha menumbuhkan segala bakat yang dimiliki
London (ANTARA News) - Ingin mengetahui 20 rahasia Arsene Wenger yang pekan ini merayakan 20 tahun berada dan berziarah di planet sepak bola Inggris dengan melatih Arsenal?

Berikut 20 rahasia Wenger yang berjuluk "Le Professeur" , sebagaimana dikutip dari laman Metro.co.uk. Manajer berkebangsaan Prancis ini punya sejumlah sisi menarik dari kehidupan pribadinya dalam kehidupan sehari-hari.

1. Wenger menerima pekerjaan sebagai manajer di Arsenal boleh dibilang "dimulai dari nol". Suatu ketika pada 1989, wakil presiden Arsenal David Dein meminta kepada kepada pria asal Prancis -setelah tiba di London - untuk memetakan dan mengamati pertandingan di Highbury.

"Arsene tidak bica bicara bahasa Inggris dengan lancar saat itu. Ia juga mengandalkan bahasa tubuh. Jelas, hal itu tidak lumrah dilakukan oleh manajer sepak bola. Pada petang itu juga, ternyata tersiar warta bahwa, "Arsene melatih Arsenal". Inilah suratan nasib, segala sesuatunya dapat saja terjadi."

2. Ketika jendela transfer 2014 berakhir, ia berangkan ke Vatican untuk bertemua dengan pemimpin umat Katolik sedunia, Paus Fransiskus.

3. Selain menyaksikan laga di tanah kelahirannya (ia lahir di Strasbourg), ia pergi ke Jerman untuk menyaksikan pertandingan sepak bola. Ia berpegian sampai ke Borussia Monchengladbach.

4. Wenger melakukan revolusi dalam menu makanan para pemain Arsenal setelah tiba di klub itu. Ia melarang para pemainnya menyantap saus tomat.

5. Ia meraih gelar master untuk bidang studi ekonomi dari Universitas Strasbourg.

6. Setiap orang mengetahui bahwa Arsene Wenger tidak pernah meraih trofi Liga Champions. Hanya saja The Gunners  sampai ke babak final di perhelatan Piala Liga justru di bawah arahan Wenger, meski kalah dari Chelsea pada 2007 dan Birmingham pada 2011.

7. Ia pribadi yang kelewat disiplin soal waktu. Pria berkebangsaan Prancis itu tahu betul jadwal jumpa pers reguler. Ia pribadi yang menghargai janji. Hanya saja. ia terlambat selama empat jam ketika digelar pertemuan jelang perjalanan menuju Hull.

8. Wenger ternyata nge-fans dengan Bob Marley. "Ya, saya menyukai musiknya. Ia orang yang mengatakan bahwa saya bukan "pribadi karbitan". Ia pribadi yang ingin menjadi diri sendiri. Saya suka dengan orang yang selalu berusaha menumbuhkan segala bakat yang dimiliki," katanya.

9. Ia dikenal sebagai pribadi yang tidak suka merayakan kemenangan dengan mengangkat segelas anggur setelah berlangsung pertandingan. Alex Ferguson mengungkapkan, "Ia tidak pernah minum anggur setelah berlangsung pertandingan. Ia sebatas manajer di Liga Inggris, lain itu tidak."

10. Ia mampu berbicara enam bahasa - Prancis, Jerman, Inggris, Spanyol, Italia dan Jepang. Ia ke Inggris dalam usia 29 tahun untuk belajar bahasa Inggris di Universitas Cambridge.

11. Ia merupakan manajer di luar Inggris yang mampu meraih gelar Liga Inggris (Premier League).

12. Orangtua Wenger memiliki bistro dan berdagang suku cadang mobil.

13. Ia tidak menorehkan debut sebagai pemain profesional sampai 29 tahun. Penampilan perdananya bersama dengan RC Strasbourg dalam 12 pertandingan.

14. Kali pertama menyaksikan pertandingan perdana Arsenal, ia mendapati bahwa klubnya itu mampu mengalahkan Tottenham 2-0 di Highbury. Kali pertama, Wenger terkesan dengan penampilan Perry Groves pada Januari petang 1989.

15. Wenger mengutarakan perasaan tertekan ketika mengawali tugas sebagai manajer. "Saya mulai menjadi manajer pada usia 33 tahun. Tidak jarang saya merasa bahwa saya tidak bakal bertahan. Saya menerima kekecewaan ketika membesut klub untuk kali pertama - Nancy-Lorraine.

16. Wenger punya nama asteroid setelah nama belakangnya, sejak 29 Maret 1998a, diberikan oleh P.Griffin, yang merupakan pendukung setia Arsenal.

17. Ia dikenal sebagai pribadi yang temperamental.

18. Wenger menikah dengan Annie Brosterhous -mantan pemain bola basket - pada 2010. Ia kemudian bercerai pada 2015. Pasangan ini dikaruniai buah hai seorang anak perempaun.

19. Arsene Wenger menulis sebuah buku untuk pasar Jepang pada 1997. Judul bukunya itu diterjemahkan sebagai "Semangat petarung". Buku itu berisi uraian-uraian mengani filsafat manajemen, nilai dan gagasan, juga mengenai buah pikirannya seputar sepak bola Jepang.

20. Hewan kesukaannya anjing dan kuda. "Saya suka dengan kuda."   
 

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016