Bandung (ANTARA News) - Kepala Staf Kepresidenan, Teten Masduki, mengatakan, Presiden Joko Widodo menyampaikan belasungkawa dan mengharapkan para korban banjir di Kabupaten Garut, Jawa Barat, untuk terus memiliki semangat hidup.

"Bapak Presiden menyampaikan belasungkawa, warga Garut agar tetap menjaga semangat hidup," kata Teten usai meninjau lokasi banjir bandang di Desa Haurpanggung, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Kamis.

Jokowi, kata dia, menekankan kepada warga Garut untuk tidak terus bersedih terlalu lama. Para korban, lanjut Teten, seperti yang diinginkan Jokowi untuk terus menjalankan semangat hidup agar lebih baik.

"Kita tidak boleh terbenam, kita harus tetap menjalankan semangat, makanya kita selesaikan bersama-sama, solidaritas itu penting," katanya.

Selain itu Jokowi juga ingin ada perbaikan pengelolaan sungai agar bencana serupa tidak terulang di Garut.

Menurut dia, bencana banjir tersebut bisa saja disebut musibah, tetapi perlu dikaji juga untuk mengetahui ada kesalahan dalam mengelola sungai atau tidak.

"Saya kira ini bisa disebut musibah, tapi harus kita lihat apakah musibah ini karena ada kesalahan kita dalam mengelola sungai," katanya.

Kedatangan Teten mengunjungi lokasi yang dilanda bencana banjir bandang, termasuk melihat pelayanan RSUD Garut pasca diterjang banjir.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016