Jakarta (ANTARA News - Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Timur Bambang Pramukantoro menilai ketua umum yang merangkap jabatan pada lembaga lain atau institusi negara tidak akan fokus memimpin PSSI.

"Jangan sampai memilih ketua umum yang tidak fokus memimpin PSSI karena merangkap jabatan," kata Bambang saat dikonfirmasi di Jakarta Kamis.

Bambang menjelaskan ketua umum terpilih yang merangkap jabatan berpotensi tidak akan fokus mengatur organisasi sebesar PSSI.

Terlebih PSSI membutuhkan figur pemimpin yang bisa konsentrasi untuk memikirkan kemajuan organisasi sepak bola terbesar di Indonesia tersebut.

"Sepak bola (PSSI) itu lembaga besar layaknya negara sendiri dan sebagai jatidiri Indonesia di mata internasional," ujar Bambang.

Ketua Asprov PSSI Jatim itu menambahkan ketua umum PSSI terpilih juga harus cerdas memilih wakil ketua umum dan anggota executive committe (exco) yang tepat untuk memimpin organisasi.

Saat proses penjaringan, Bambang mengaku telah mengingatkan komite pemilihan agar tidak menetapkan nama calon ketua umum, wakil ketua umum dan exco menyalahi aturan maupun undang-undang yang berlaku seperti rangkap jabatan.

"Saya sudah kirim surat agar penetapan calon tidak melanggar undang-undang seperti rangkap jabatan namun komite pemilihan tidak menanggapinya," ungkap Bambang.

(T014/I015)

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016