Solo (ANTARA News) - Pelatih Timnas Indonesia Alfred Riedl memanggil kiper asal Klub Semen Padang Jandia Eka Putra untuk bergabung ikut pemusatan latihan (TC), di Kota Solo Jawa Tengah dalam persiapan ikuti kejuaraan AFF Cup 2016.

"Kami memanggil Jandia Eka Putra untuk menggantikan Dian Agus Prasetyo (Pusamania Borneo FC) yang tidak mendapatkan izin dari klubnya bergabung dengan Timnas," kata Alfred Riedl usai memimpin latihan Boaz Salossa dan kawan-kawan di Stadion Manahan Solo, Sabtu.

Riedl dalam Timnas membutuhkan tiga pemain kiper yang kini sudah bergabung di Solo, Andritany Ardiansya (Persija Jakarta) dan Teguh Amirudin (PS. TNI). Kehadiran Jandia sangat diperlukan untuk memperkuat penjaga gawangnya.

"Kami telah menghubungi manajemen Semen Padang. Mereka kemudian mengirimkan kiper Jandia ke Solo Sabtu ini, bisa berbagung dengan pemain lainnya," kata Riedl.

Riedl memberikan apresiasi dengan klub Semen Padang setelah melakukan komunikasi, mereka langsung memberangkatkan Jandia untuk bergabung bersama Irfan Bachdim dan kawan-kawan.

Timnas Indonesia yang ditangani oleh pelatih asal Austria itu, melakukan latihan dua kali setiap hari di Stadion Manahan Solo. Riedl memimpin latihan selain dengan game-game untuk memantapkan kerja sama tim, juga strategi saat penyerangan dan bertahan.

"TC beberapa hari ini, belum kelihatan progresnya. Namun, Timnas progres baru dapat dilihat sebelum berangkat mengikuti kejuaraan AFF 2016 Nopember mendatang," katanya.

Menyinggu soal pemain gelandang andalan Indonesi Andik Vermansyah yang belum berbagung dalam TC di Solo, Riedl menjelaskan khusus Andik ini, akan langsung bergabung dengan Timnas, setelah menyelesaikan Liga Malaysia.

"Kami selalu komunikasi dengan Andik. Dia setelah menyelesaikan Liganya di Malaysia bisa bergabung," katanya.

Riedl mengatakan Timnas sebelum turun ke Piala AFF, akan melakukan beberapa pertandingan uji coba baik keluar maupun di dalam negeri, dan salah satunya melawan Vietnam pada Oktober mendatang.

Menurut Riedl Timnas melawan Vietnam akan digelar baik main di kandang lawan maupun sendiri. Lainnya masih diusahakan baik main di dalam negeri maupun di luar negeri.

Pemain Gelandang Timnas Ivan Dimas saat latihan kelihatan melakukan latihan sendiri atau terpisah dengan pemain lainnya. Ivan latihan ringan diduga karena cedera.

Menurut Riedl satu pemainnya yakni Ivan Dimas mengalami cedera ringan saja, dia mungkin satu dua hari sudah pulih kembali ikut latihan bersama.

Pewarta: Bambang DM
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016