Sumedang (ANTARA News) - Dua atlet terbang layang Papua dan Riau terlibat tabrakan di udara saat mengikuti babak ketiga nomor cross country jarak tak terbatas Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 di Sumedang, Jawa Barat, Sabtu.

Insiden tersebut mengakibatkan kedua atlet cabang dirgantara itu Iman Romansyah (Papua) dan Victor Bob (Riau) mengeluarkan parasut cadangan dan mendarat darurat di dua tempat terpisah dengan selamat.

Kejadian itu terjadi sekitar pukul 10.45 WIB di atas hutan Ciawi di Desa Marga. Tabrakan itu terjadi akibat miskomunikasi antara kedua atlet itu.

Tim pengamanan PON XIX 2016 di arena Batudua melaksanakan pencarian kedua atlet tersebut. Evakuasi atlet Papua Iman Romansyah berlangsung sekitar 11.05 WIB ditemukan sekitar blok Hutan Ciawi Landeuh Desa Cimarga.

Sedangkan Victor Bob yang mendarat darurat di Hutan Cibayawak Desa Cimarga dijemput tim evakuasi pukul 12.20 WIB.

Kegiatan pertandingan cabang paralayang nomor cross country itu dimulai pukul 09.00 WIB dari lokasi Batu Dua Desa Linggajaya Kecamatan Cisitu.

Pertandingan cabang olahraga itu diikuti oleh atlet dari 10 Provinsi diantaranya yakni Jabar, Jateng, Jatim, Banten, DKI Jakarta, Sulawesi Tengah, Kalimantan timur, Riau, Bali dan Papua dengan total 65 atlet. Setiap daerah menurunkan lima hingga tujuh atlet.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016