Bandung (ANTARA News) - Tomcat, hewan sejenis kumbang dengan nama ilmiah paederus fuscipes menyerang atlet dan tim ofisial cabang olahraga pencak silat Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat yang menginap di hotel kawasan Taman Sari Kota Bandung.

"Kejadiannya kemarin, tomcat tiba-tiba saja muncul di kamar atlet dan langsung menyerang mereka. Awalnya ada delapan orang atlet yang terserang lalu tadi pagi bertambah tiga orang jadi total ada 11 atlet yang diserang sengatan tomcat," kata juru bicara PON XIX/2016 Perry Soeparman, di Bandung, Sabtu.

Akibat serangan tomcat tersebut, kata Perry, anggota tubuh seperti muka dan tangan ke-11 atlet tersebut mengalami iritasi kulit (ruam) atau bengkak.

"Itu mereka pada bengkak semuanya dan sudah melaporkan kejadian tersebut kepada Bidang Kesehatan dan sudah ditangani, sudah dibawa ke rumah sakit terdekat," kata dia.

Menurut dia, saat ini seluruh 113 orang yang terdiri dari atlet dan ofisial cabang olahraga pencak silat telah dipindahkan ke hotel lainnya di kawasan Pelajar Pejuang Kota Bandung.

"Bentuk antisipasi, kita sudah pindahkan mereka semua ke hotel lain. Serangan tomcat ini di luar prediksi kami karena tiba-tiba saja muncul di kamar atlet," kata dia.

Lebih lanjut, ia mengatakan kondisi ke-11 atlet pencak silat yang terkena sengatan tomcat sudah membaik dan bisa tetap bisa mengikuti pertandingan.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016