Washington (ANTARA News) - Kepolisian di Washington, negara bagian di baratlaut, Sabtu, mengejar seorang pria bersenjata yang melepaskan tembakan di mal hingga menewaskan empat perempuan dan mengakibatkan seorang pria kritis, demikian media melaporkan.

Seorang pria berjalan kaki memasuki Cascade Mall di Burlington, Washington, sekitar 65 mil (105 kilometer) di sebelah utara Seatlle dan mulai melepaskan penembakan pada Jumat (23/9) pukul 19.00 waktu setempat, demikian kata juru bicara Patroli Negara Bagian Washington, Mark Francis, di akun Twitter, lapor Reuters.

Empat perempuan tewas dalam serangan di gerai kosmetik Macys di dalam mal tersebut, kata Francis kepada New York Times.

Sebelumnya pihak berwenang melalui akun media sosial mengatakan bahwa empat orang tewas akibat penembakan itu. Setelah pihak berwenang mengosongkan mal dan menguasai situasi, jumlah korban yang tewas direvisi menjadi tiga orang, demikian menurut beberapa media lokal dan saluran media nasional.

Sabtu pagi, New York Times bersama dengan sejumlah saluran media lainnya melaporkan bahwa pihak berwenang menambah jumlah korban tewas lagi hingga menjadi empat orang.

Para petugas kepolisian lokal dan negara bagian tidak bersedia memberikan komentar.

Harborview Medical Center di Seattle dalam pernyataannya mengatakan bahwa pihaknya sedang merawat seorang pria yang kondisinya kritis akibat tembakan tersebut.

Francis di Twitternya menyatakan bahwa pihak kepolisian dan tim penyelamat bekerja secara hati-hati dalam menelusuri mal seluas 434.000 kaki persegi (135.000 meter persegi), mengosongkan sejumlah gerai, dan mengevakuasi sejumlah penjaga toko yang mengurung diri di ruang ganti, demikian menurut laporan media lokal.

Dia juga menyatakan bahwa pihak kepolisian mencari pelaku penembakan di dalam area tersebut yang digambarkan sebagai seorang pria berwajah Latin atau Hispanic mengenakan pakaian warna abu-abu dan terakhir kali terlihat berjalan kaki menuju jalan raya untuk meninggalkan mal tersebut.

Pihak berwenang setempat semalam memburu seorang pria bersenjata tersebut yang diyakini membawa senapan dan memperingatkan sejumlah warga untuk tetap di dalam mal itu.

"Tragedi terjadi di Washington malam ini. Perhatian kami ada di Burlington," kata Gubernur Jay Inslee di Twitter.

Penembakan tersebut terjadi kurang dari sepekan setelah seorang pria menikam sembilan orang di salah satu mal di Minnesota tengah sebelum tewas tertembak.

FBI melakukan investigasi terhadap penyerangan sebagai tindakan potensial terorisme.

NBC News melaporkan bahwa Patroli Negara Bagian Washington menyatakan bahwa tidak ada indikasi terorisme dalam penembakan di Burlington.

"Saat ini, FBI belum mendapatkan informasi atas adanya serangan susulan yang direncanakan di negara bagian Washington," demikian pernyataan agen intelijen tersebut di Twitter.
(Uu.M038/M016)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016