Burlington, Washington  (ANTARA News) - Pelaku penrmbakan di sebuah mal di negara bagian Washington yang ditangkap Sabtu waktu AS atau sehari setelah dia menyerang mal itu, diketahui bernama Arcan Cetin, berusia 20 tahun dan warga Oak Harbor, Washington.

Polisi menyatakan tersangka dicokok tanpa insiden di Oak Harbor yang berjarak 48 km dari Burlington di mana penembakan terjadi 24 jam sebelumnya.

Cetin mulai menembaki Cascade Mall sekitar pukul 19.00 Jumat waktu setempat di gerai kosmetika dari pasar swalayan Macy. Empat wanita terbunuh di tempat kejadian dan seorang pria tewas setelah sempat dirawat di rumah sakit.

Polisi mengaku belum mengetahui motif Cetin, termasuk kemungkinan aksi terorisme. Polisi menyebut Cetin seperti "zombie" dan saat ditangkap tidak bersenjata.

Cetin diketahui lahir di Turki dan telah menjadi warga negara AS.

Kamera video dalam mal di Burlington menunjukkan Cetin masuk pusat perbelanjaan itu tanpa membawa senjata, namun kemudian dia kedapatan mengokang senjata, kata Letnan Polisi Mount Vernon Chris Cammock seperti dikutip Reuters. Senjata itu kemudian ditemukan di mal.

Media lokal menyebutkan para korban tewas bervariasi dari remaja sampai berusia 90-an tahun, termasuk seorang ibu dan anak perempuannya.

Steve Sexton, Wali Kota Burlington, menyebut penembakan itu sebagai aksi tak berperikemanusiaan.

Sementara iti, keluarga Cetin yang berimigrasi dari Turki ketika Cetin masih anak-anak, diberitakan sangat kooperatif kepada pihak berwajib.

Penembakan di Washington ini terjadi kurang sepekan setelah seorang pria menikam sembilan orang di sebuah mal di kota St. Cloud, Minnesota, sebelum ditembak mati seorang polisi yang tengah bertugas. FBI  menyebutnya sebagai aksi berpotensi terorisme.


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016