Bandung (ANTARA News) - Jawa Timur merebut juara umum cabang olahraga skir air PON XIX/2016 dengan meraih enam medali emas, lima perak, dan tiga perunggu dalam perlombaan yang digelar di Danau Saguling, Kabupaten Bandung Barat, sejak Selasa (20/9) itu.

Pada lomba terakhir Minggu, atlet Jatim memborong lima medali emas. Pada sehari sebelumnya, Jatim sudah meraih satu medali emas lewat Alma di nomor Trick putri.

Penyumbang emas untuk Jatim lainnya, yakni Endar Pupul di nomor jumping putri, Alma (overall), Zaidi Putu (jumping putra dan overall) putra. Satu emas lainnya disumbangkan dari nomor beregu campuran waterski.

Tuan rumah Jawa Barat hanya mampu memperoleh dua medali emas dari nomor wakeboard putri dan beregu campuran wakeboard, serta beregu campuran waterski.

DKI juga unggul di nomor Slalom putri dan Trick Riding perorangan putra serta empat perak di nomor overall putri, wakeboard putra, beregu campuran wakeboard serta beregu campuran waterski.

Sementara itu Kepri Berjaya di nomor wakeboard putra dan Sumsel di nomor Slalom putra.

Keberhasilan tim ski air Jatim mendominasi lomba PON XIX ini telah diperhitungkan sebelumnya karena sering try out ke luar negeri dan mendatangkan pelatih yang juga mantan atlet nasional, Fath Daud Wangka, serta dukungan penuh dari KONI Jatim.

Pewarta: Indro Sulistyo
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016