Jakarta (ANTARA News) - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menegaskan pemilihan kepala daerah (pilkada) adalah proses demokrasi lima tahunan yang semangatnya untuk mencari pemimpin yang mampu membangun daerah dan menyejahterakan masyarakatnya.

"Pilkada semangatnya untuk pembangunan daerah dan kesejahteraan rakyat," kata Zulkifli Hasan pada peluncuran buku "Perjalanan Panjang Pilkada Serentak " karya Rambe Kamarulzaman, di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Senin.

Menurut Zulkifli, demokrasi yang terbangun di Indonesia saat ini baru sebatas demokrasi prosedural atau demokrasi semu yang justru semakin meningkatkan kesenjangan sosial di tengah masyarakat.

Kesenjangan di tengah masyarakat Indonesia, terutama di daerah, menurut dia, semakin meningkat antara orang kaya dan orang miskin.

"Padahal, pilkada semangatnya untuk membangun daerah dan meningkatkan kesejahteraan rakyat," katanya.

Zulkifli mengingatkan agar penyerapan demokrasi dapat diperbaiki dari prosedural ke demokrasi substansi.

Pada kesempatan tersebut, Zulkifli yang juga Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN), sempat bicara soal pilkada gubernur DKI Jakarta.

Menurut dia, persiapan pilkada di DKI Jakarta di luar dugaan berjalan sangat cepat.

"Muncul tiga pasangan calon," katanya.

Partai Demokrat, PAN, PKB, dan PPP mengusung pasangan calon Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni.

"PAN mendukung calon wajah baru, mungkin saja dapat mengalahkan jagoannya Pak Novanto (Ketua Umum Partai Golkar)," katanya.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016