Amman (ANTARA News) - Sebanyak 70 truk berisi bantuan kemanusiaan dikirim untuk pertama kali selama hampir enam bulan terakhir, ke empat kota terkepung di Suriah, kata Komite Internasional Palang Merah (ICRC).

Badan tersebut mengatakan, bantuan diantarkan pada Minggu (25/9), menuju Madaya dan Zabdani, wilayah dekat Damaskus, serta desa al-Foua dan Kefraya di Suriah baratlaut, Provinsi Idlib.

Madaya, wilayah dekat perbatasan dengan Lebanon, dihuni sekitar 40 ribu jiwa dan dikepung oleh pasukan pemerintah Suriah selama enam bulan.

Sementara itu, Zabadani menyisakan seribu penduduk di wilayahnya, kemudian Kefraya dan al-Foua masih dihuni 20 ribu penduduk, demikian menurut hitungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Wilayah itu telah dikepung pemberontak sejak April 2015.

Kegiatan pemulihan PBB kembali berlanjut Kamis lalu setelah gencatan senjata untuk serangan mematikan selama 48 jam.

Badan dunia itu menunda proses pengiriman bantuan via jalan darat setelah konvoi 31 truk diserang Senin lalu di Urem al-Kubra, bagian barat Aleppo.

Lembaga Bulan Sabit Merah Arab di Suriah mengatakan, anggotanya dan 20 warga tewas, sementara sarana penyimpanan turut dihancurkan, demikian dikutip dari Reuters.

(Uu.KR-GNT)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016