Rumah singgah ini merupakan yang ketiga dibangun setelah Makassar dan Pekanbaru."
Semarang (ANTARA News) - Alfamart membangun rumah singgah yang diperuntukkan bagi anak-anak penderita penyakit kanker yang sedang menjalani pengobatan rawat inap maupun rawat jalan di Semarang.

"Rumah singgah ini merupakan yang ketiga dibangun setelah Makassar dan Pekanbaru," kata General Manager Corporate Communication PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) Nur Rachman di Semarang, Senin.

Hal tersebut diungkapkannya saat peresmian Rumah Singgah Alfamart Alfamidi untuk anak-anak penderita kanker itu yang beralamat di Jalan Kedungjati Nomor 6, Semarang, Jawa Tengah.

Pemilihan lokasi pembangunan rumah singgah itu, lanjut dia, disesuaikan dengan ketersediaan rumah sakit yang memiliki dokter spesialis kanker pada anak yang ada di wilayah bersangkutan.

"Setelah ini (Semarang, red.), rencananya akan dilanjutkan pembangunan rumah singgah di daerah Jawa Timur, yakni Malang. Kami bekerja sama dengan Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI).

Ia menjelaskan pembangunan ketiga rumah singgah itu merupakan hasil penggalangan donasi konsumen Alfamart dan Alfamidi selama periode 2015 dengan dana yang terhimpun sebesar Rp2,39 miliar.

Rumah singgah itu dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana pendukung, mulai tempat tidur, lemari, televisi, perlengkapan memasak, dan tenaga pengajar, dan pengurus harian.

Ketua YKAKI, Ira Soelistyo mengungkapkan Rumah Singgah Alfamart Alfamidi itu menyediakan tempat yang nyaman dan dibuat agar tercipta suasana kekeluargaan yang penuh dengan keceriaan.

"Meski sakit, kami berupaya agar anak-anak di sini tidak menurun. Selain memperhatikan asupan nutrisinya, kami juga memperhatikan kebutuhan bermain dan belajar anak-anak seusianya," katanya.

Kepedulian perusahaan swasta dalam membantu meringankan beban biaya selama masih menjalani masa pengobatan sangat dibutuhkan, bukan hanya di Semarang, namun dari berbagai daerah.

"Sejak dibuka tiga bulan lalu, setidaknya sudah ada 10 anak penderita kanker beserta keluarganya yang tinggal di sini. Mereka datang dari berbagai daerah untuk terapi di RSUP dr Kariadi Semarang," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi yang meresmikan rumah singgah itu bersyukur atas kepedulian yang ditunjukkan pelaku usaha dalam membantu pemerintah membangun fasilitas publik.

Kepedulian dari Alfamart tersebut memberikan manfaat bagi banyak pihak sehingga patut diapresiasi dan diteladani karena bisa memotivasi anak-anak penderita kanker itu untuk tetap semangat melawan penyakit.

"Saya percaya anak-anak ini adalah anak-anak yang tangguh. Semoga, ke depan mereka bisa menjadi pribadi yang hebat dan bisa menginspirasi banyak orang," kata Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi.

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016