Jakarta (ANTARA News) - PT Astra Otoparts bersama Bridgestone Corp meresmikan pabrik pertama Bridgestone Astra Indonesia (BSAI) guna mengembangkan industri komponen otomotif yang kuat, kompetitif dan bisa menjadi mitra strategis pelaku industri domestik maupun regional.

Pabrik yang berlokasi di Nagrog, Purwakarta, Jawa Barat itu selesai dibangun pada Juni 2016 dan diresmikan pada Jumat (23/9) pekan lalu. Astra Otoparts dan Bridgestone Corporation Japan telah menyepakati kerja sama pembangunan pabrik sejak Juni 2015.

"Diharapkan dengan diresmikannya pabrik tersebut, Bridgestone Astra Indonesia dapat memberikan kontribusi positif untuk menjadi penyuplai komponen otomotif kelas dunia serta menjadi mitra usaha utama di Indonesia yang didukung kemampuan engineering handal," demikian keterangan tertulis dari Bridgestone Astra Indonesia, Senin.

Pabrik yang berdiri di atas lahan seluas dua hektare dengan biaya investasi Rp115 miliar ini mampu menghasilkan lima juta unit per tahun dan telah beroperasi sejak 1 Juni 2016.

Pabtrik ini memproduksi Anti Vibration Product (AVP) untuk kendaraan roda empat berupa engine mounts, bumper rubber, support rubber, suspension bush, dan exhaust mounts untuk pasar original equipment manufacturer (OEM) dan original equipment for spareparts.

Komponen-komponen tersebut dipasok untuk kebutuhan Toyota Sienta, Daihatsu Sigra, dan Toyota Calya. Pada 2018 Bridgestone Astra Indonesia berencana meningkatkan kapasitas produksi menjadi 9 juta unit pertahun.

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016