Hong Kong (ANTARA News) - Saham-saham Hong Kong berakhir naik lebih dari satu persen pada Selasa, pulih dari penurunan Senin dibantu oleh berlanjutnya arus masuk uang dari investor China daratan.

Tetapi para investor bersiap untuk menghadapi penurunan arus dari China, karena skema Shanghai-Hong Kong Stock Connect akan ditangguhkan mulai 29 September hingga 10 Oktober karena liburan Hari Nasional China.

Indeks Hang Seng (HSI) naik 1,1 persen menjadi ditutup pada 23.571,90 poin, sedangkan indeks CEI (China Enterprises Index) bertambah 1,2 persen menjadi 9.746,56.

Hampir semua sektor menguat, dengan saham-saham keuangan memimpin keuntungan.

Investor Tiongkok membeli 3,6 miliar yuan (539,90 juta dolar AS) saham Hong Kong pada Selasa, melalui skema Shanghai-Hong Kong Connect, mempertahankan tren aliran kuat baru-baru ini.

Tetapi suspensi skema lintas batas yang dimulai Kamis (29/9) mungkin berdampak pada likuiditas pasar, karena "Arus masuk uang China telah menjadi faktor penting di balik reli kuat baru-baru ini," kata Linus Yip, ahli strategi di First Shanghai Securities Ltd, demikian Reuters melaporkan.

(A026/B012)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016