Mataram (ANTARA News) - Gempa bumi berkekuatan 3,3 Skala Richter, Selasa, pukul 22.02 WITA mengguncang Kabupaten Sumbawa di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), namun tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Kepala Badan Meteorologi dan Geofisika Mataram Agus Riyanto, menyebutkan lokasi pusat gempa bumi berada di 8.20 derajat Lintang Selatan - 117.44 derajat Bujur Timur.

"Gempa bumi tersebut berada di 51 kilometer (km) timur laut Sumbawa, pada kedalaman 190 km," katanya.

Menurut dia, gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami karena skalanya relatif kecil dan kedalamannya relatif jauh.

Getaran gempa juga tidak bisa dirasakan di Pulau Lombok karena pusat gempa dan kedalamannya relatif jauh.

"Di Mataram, mungkin tidak akan terasa gempanya karena skalanya relatif kecil dan dalam," ucapnya.

Stasiun Geofisika Mataram juga belum bisa memastikan apakah gempa di Sumbawa, ada kaitannya dengan Gunung Barujari atau Anak Gunung Rinjani, di Pulau Lombok, NTB, yang meletus pada Selasa pukul 14.45 WITA.

Untuk memastikannya diperlukan kajian lebih lanjut. Meskipun, dari beberapa penelitian berdasarkan historis bahwa adanya indikasi interaksi gempa bumi dengan gunung berapi atau sebaliknya.

Gunung Barujari di Pulau Lombok, dilaporkan kembali meletus pada Selasa pukul 14.45 WITA. Ketinggian letusan abu vulkanik mencapai 2.000 meter dengan amplitudo sebesar 55 milimeter.

Pewarta: Awaludin
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016