Anak saya itu laki-laki, jadi yang banyak berkembang kemampuan motoriknya. Tetapi sekolah di PAUD Kilometer Nol, ia sudah mulai banyak bercerita sepulang sekolah."
Jakarta (ANTARA News) - Anak bungsu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Harbantyo Ken Najjar (4), betah belajar di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kilometer Nol yang dikelola sendiri oleh Kemdikbud.

"Biasanya dia selalu menangis pada hari pertama masuk PAUD sebelumnya. Bahkan saya juga harus izin mengajar karena harus ikut sekolah menemaninya," ujar istri Mendikbud, Suryan Widati, dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa.

Tapi hal itu tak berlaku saat Harbantyo masuk di PAUD Kilometer Nol. Ia mengatakan anaknya mendapatkan banyak kepandaian baru, di antaranya sudah bisa memakai baju sendiri.

"Anak saya itu laki-laki, jadi yang banyak berkembang kemampuan motoriknya. Tetapi sekolah di PAUD Kilometer Nol, ia sudah mulai banyak bercerita sepulang sekolah," katanya.

PAUD Kilometer Nol merupakan PAUD yang dijadikan sebagai PAUD percontohan di Indonesia. PAUD tersebut memiliki fasilitas yang cukup lengkap serta konsep pendidikan yang ditawarkan berdasarkan enam aspek pengembangan diri manusia, yakni agama, moral, motorik kasar dan halus, kognitif, bahasa, sosial, emosional, dan seni.

PAUD yang diresmikan pada masa Mendikbud Anies Baswedan tersebut diperuntukkan bagi anak-anak para pegawai Kemdikbud.

Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat Kemdikbud Harris Iskandar mengatakan angka partisipasi kasar PAUD sudah mencapai 70,1 persen.

Hal itu dikarenakan peran masyarakat dalam membuka akses PAUD sekaligus merupakan upaya mengatasi masalah gizi, meningkatkan pencapaian potensi tumbuh kembang anak, serta mencegah kerentanan dan kekerasan anak.

"Dari 190.654 PAUD yang ada di Indonesia, yang dimiliki pemerintah hanya sekitar 400 PAUD. Hal ini membuktikan peran masyarakat dalam peningkatan akses layanan pendidikan usia dini," kata Harris.

Kemdikbud juga akan menyelenggarakan kegiatan Anugerah PAUD Tingkat Nasional 2016 pada 29 September. Anugerah itu merupakan bentuk penghargaan kepada guru, ketua gugus dan bunda PAUD, serta tokoh masyarakat peduli PAUD, anak usia dini, dan masyarakat umum pemenang lomba.

Pemberian Anugerah PAUD Tingkat Nasional 2016 mengusung tema "Gerakan Nasional PAUD Berkualitas: Memberikan Awal Terbaik Bagi Masa Depan Anak".

Pewarta: Indriani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016