Jakarta (ANTARA News) - Setelah debat pertama calon presiden Amerika Serikat yang oleh berbagai jajak pendapat dinyatakan telah dimenangkan Hillary Clinton, harga saham termasuk sektor teknologi, seperti Amazon, naik untuk memimpin kenaikkan indeks saham di bursa Wall Street, New York, Selasa waktu AS.

Menurut Reuters, pernyataan-pernyataan Hillary Clinton dalam debat pertama yang berlangsung Senin waktu AS itu telah membuat nyaman pasar ekuitas AS.

Indeks sektor teknologi S&P 500 naik 1,15 persen terutama berkat kenaikan 1,85 persen saham Microsoft dan 1,08 persen saham Facebook

Amazon.com melonjak 2,12 persen, sedangkan indeks saham sektor konsumen naik 0,99 persen menyusul kenaikan serupa pada indeks kepercayaan konsumen selama September yang merupakan paling tinggi dalam kurun sembilan tahun.

Indeks patokan Dow Jones Industrial Average naik 0,74 persen pada 18.228,3 poin, sedangkan indeks S&P 500 terkerek 0,64 persen pada 2.159,93 poin. Demikian pula dengan indeks harga saham gabungan Nasdaq yang terkatrol 0,92 persen pada 5.305,71 poin.

"Dari perspektif pasar, benar atau salah, ada pemahaman bahwa Nyonya Clinton lebih berkompeten," kata Brad McMillan dari Commonwealth Financial di Waltham, Massachusetts, seperti dikutip Reuters.


Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016