Bandung (ANTARA News) - Ketua Harian PB PON XIX/2016 Iwa Karniwa menuturkan panitia pelaksana menyediakan sekitar 35.000 tiket gratis untuk masyarakat yang ingin menyaksikan laga final sepak bola PON XIX yang mempertemukan tuan rumah Jawa Barat vs Sulawesi Selatan, di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.

"Tiket kita drop di lokasi pertandingan yakni di Stadion Si Jalak Harupat beberapa jam sebelum pertandingan dimulai, jadi semua pintu masuk akan kami buka, adapun kapasitas penontonnya mencapai 35 ribu," kata Iwa Karniwa, di Bandung, Rabu.

Menurut dia, panitia pelaksana juga menyediakan tribun khusus untuk suporter tim Sulawesi Selatan yang ingin menyaksikan laga final cabang olahraga tersebut di Stadion Si Jalak Harupat.

Ia mengatakan panitia pelaksana juga akan dibantu oleh pihak keamanan saat membagikan tiket gratis tersebut untuk mengantisipasi kericuhan kecil atau desak-desakan saat mengantre.

"Jadi setiap pintu masuk akan dijaga oleh tiga orang petugas ticketing dan demi ketertiban dan keamanan dibantu juga oleh pasukan dari bidang keamanan," kata Iwa.

Tim tuan rumah Jawa Barat akan berduel dengan kesebelasan Sulawesi Selatan untuk memperebutkan medali emas cabang sepak bola Pekan Olahraga Nasional XIX/2016 di Stadion Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Rabu.

Jabar yang ditangani pelatih Lukas Tumbuan ini berhasil lolos ke final setelah mengalahkan Papua dengan skor akhir pertandingan 3-1 di Stadion Wibawa Mukti Cikarang, Kabupaten Bekasi, Senin (26/9) sore.

Sementara itu keberhasilan Sulawesi Selatan mengalahkan tim puncak klasemen delapan besar Sumatera Selatan 2-0 di Stadion Patriot Chandrabaga Kota Bekasi telah mengantarkan tim asuhan Syamsuddin Umar itu berhadapan dengan tuan rumah di laga final.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016