Properti hunian seperti rumah dan apartemen di wilayah pinggiran Jakarta semakin menjamur. Terutama untuk hunian menengah kebawah, dimana minat masyarakat yang ingin memiliki rumah atau apartemen maupun yang ingin hanya berinvestasi cukup tinggi.

Namun, selain harga yang murah sebenarnya masih ada lagi pertimbangan masyarakat memilih rumah di wilayah sekitar Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Bodetabek).

Akses Transportasi menjadi poin penting lain yang sebenarnya paling mempengaruhi pencarian rumah di Bodetabek. Karena meski harga dan lokasi sudah cocok, terkadang akses transportasinya yang sulit akan membuat banyak orang berpikir kembali. Contohnya ketersediaan layanan ojek online dan jaraknya yang tidak terlalu jauh dari hunian ke stasiun/terminal terdekat.

Pola pikir masyarakat yang semakin sadar akan penggunaan transportasi ini tidak mengherankan, mengingat keadaan jalanan di Jakarta dari dan ke kota-kota pinggiranya semakin padat. Sehingga KRL atau Commuter Line merupakan pilihan terbaik bagi mereka yang harus beraktifitas di Ibukota.

Pembangunan trayek Commuter Line yang baru, jalan tol hingga MRT/LRT yang sedang berjalan juga menjadi pertimbangan masyarakat. Bahkan pembangunan dan perencanaan tersebut juga sudah mempengaruhi harga jual dari sebuah perumahan.

Tapi, jangan sampai terkena tipuan marketing sebuah developer. Karena cukup banyak ditemukan kasus jarak dan waktu yang developer tawarkan melalui iklan tidaklah sesuai kenyataan. Jadi, Anda harus cukup jeli ketika ingin membeli hunian berdasarkan jalur tranportasi.

Selain Commuter Line, akses TransJabodetabek dan Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB) juga dinilai dapat menjadi pilihan transportasi lain bagi masyarakat. Dapat dilihat dari antusiasme masyarakat dimana penumpang di bus-bus TransJabodetabek selalu terlihat penuh terutama di jam-jam sibuk.

Permasalahan lainnya adalah mencari hunian dijual seperti rumah atau apartemen berdasarkan transportasi, mungkin bukanlah hal mudah. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa masih terdapat marketing developer yang sering melakukan manipulasi atau penipuan jarak dan akses. Jadi Anda harus melakukan survei sendiri.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut kini hadir situs properti Lifull.ID. Situs yang menjadi bagian dari Home’s ini merupakan situs jual beli properti nomor satu di Jepang yang telah didukung dengan fitur pencarian transportasi yang canggih. Di dalamnya Anda dapat menemukan banyak list properti seperti rumah, apartemen, kost dan lainnya yang berdekatan dengan stasiun atau halte transjakarta.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa melakukan pengecekan jarak sebenarnya dari lokasi rumah ke jalur transportasi terdekat melalui map/peta yang juga telah disediakan. mencari rumah berdasarkan transportasi bukan lagi merupakan hal yang sulit dan mustahill.

Selain properti yang sudah disebutkan, Anda juga dapat menemukan list perumahan baru dan apartemen baru. Jadi, silakan saja cari rumah impian berdasarkan transportasi di dunia maya. Agar tak tertipu, rahasianya cuma satu. Pilih sumber alias situs yang terpercaya.



ADVERTORIAL

Editor: Copywriter
Copyright © ANTARA 2016