Lisbon (ANTARA News) - Pemerintah Portugal mengungkapkan pada Selasa (27/9), mereka memutuskan mempertahankan 85 karya pelukis ternama Spanyol Joan Miro setelah muncul kecaman terkait rencana penjualan lukisan-lukisan tersebut kepada pembeli dari luar negeri.

Lukisan-lukisan tersebut diperkirakan memiliki nilai jual sekitar 35 juta euro, dan menjadi milik negara pada 2008 ketika pemerintah Portugal menasionalisasi bank BNP selaku pemilik koleksi lukisan Surealis tersebut.

Pemerintah kemudian melelang karya-karya tersebut di London pada 2014 untuk menggalang dana, namun dibatalkan setelah muncul kecaman dan gugatan hukum dari para politikus oposisi dan aktivis.

Perdana Menteri Antonio Costa mengumumkan, pemerintah Portugal akhirnya memutuskan mempertahankan koleksi lukisan karya Miro di Kota Porto.

Masih belum jelas apakah lukisan-lukisan tersebut akan tetap menjadi properti milik negara atau dijual kepada kolektor swasta, namun seorang pejabat mengungkapkan pembeli harus menyimpan karya-karya Miro di Porto.

Lukisan-lukisan tersebut akan dipamerkan untuk pertama kalinya pada Sabtu pekan depan di Museum Serralves, Porto dalam pameran yang berlangsung hingga 28 Januari, demikian dikutip dari AFP. (ab/)


Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016