Jakarta (ANTARA News) - PT Bank Mandiri Persero Tbk mengucurkan kredit modal kerja (KMK) sebesar Rp1 triliun kepada PT Kereta Api Indonesia Persero untuk membiayai kegiatan operasional perseroan.

"Dengan pembiayaan ini, diharapkan KAI dalam memenuhi mandat penguatan konektivitas moda kereta api, serta memberikan layanan terbaik bagi penumpang kereta," kata Direktur Perbankan Korporasi Mandiri, Royke Tumilaar, di Bandung, Rabu.

Melalui keterangan tertulis, Royke mengatakan pembiayaan tersebut merupakan bagian dari sinergi strategis antara Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Royke menambahkan, sebelum kredit ini, Mandiri juga manyalurkan pembiayaan sindikasi untuk proyek pengembangan kereta commuter Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi dan kereta Bandara Soekarno-Hatta, dengan kontribusi Rp1, 27 triliun.

Untuk keseluruhan sektor transportasi, hingga akhir September 2016, Mandiri telah memberikan komitmen pembiayaan sebesar Rp36,4 triliun. Di samping kereta api, kata Royke, pembiayaan tersebut juga dialokasikan untuk pembangunan bandar udara dan pelabuhan.

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016