... masih disegel. 24 Oktober KPU akan mengumumkan apakah semua persyaratan terpenuhi atau tidak...
Jakarta (ANTARA News) - Ketua KPU DKI Jakarta, Sumarno, mengatakan, hasil pemeriksaan kesehatan ketiga pasangan calon gubernur, yang diterima hari ini, akan diumumkan pada 24 Oktober 2016.

“Belum bisa menjelaskan karena masih disegel. 24 Oktober KPU akan mengumumkan apakah semua persyaratan terpenuhi atau tidak,” kata Sumarno, di Kantor KPU DKI, Rabu (28/9).

Ketika ditanya seperti apa kemungkinan hasil pemeriksaan tersebut, ia mengatakan “Insya Allah menggembirakan”.

Pada pengumuman nanti, KPU DKI Jakarta hanya akan menjelaskan secara umum bahwa para calon sehat secara jasmani, rohani dan bebas dari penyalahgunaan narkotika.

KPU DKI Jakarta tidak dapat menyatakan kondisi kesehatan secara terperinci, seperti kondisi organ tubuh, karena merupakan informasi rahasia.

KPU DKI Jakarta, Rabu sore ini menerima hasil pemeriksaan ketiga pasangan calon gubernur yang dilakukan pada 24-25 September lalu.

“Tim kesehatan sudah menyelesaian pemeriksaan. Ini hanya salah satu persyaratan yang harus dipenuhi,” kata Sumarno, saat jumpa pers.

Tiga berkas yang diterima berisi hasil pleno kondisi kesehatan jasmani dan rohani serta bebas penggunaan narkotika yang dikeluarkan oleh tim dokter dari RS TNI AL dr Mintohardjo, Badan Narkotika Nasional dan Himpunan Psikologi Indonesia.

Kepala Dinas Kesehatan TNI AL, Laksamana Pertama TNI Lukman Djauw, mengatakan, hasil pemeriksaan ini selain sebagai persyaratan, juga menjadi masukan untuk KPU DKI Jakarta.

Kepala RS TNI AL dr Mintohardjo, Kolonel dr Wiweka, menegaskan, mereka tidak memeriksa ketiga pasangan calon untuk menentukan apakah mereka sehat atau tidak. Melainkan apakah mampu melaksanakan tugas dalam lima tahun ke depan.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016