Kuala Lumpur (ANTARA News) - Pemerintah Indonesia dan Malaysia akan melakukan kerja sama penerbitan buku bersamaan dengan Pesta Buku Internasional Indonesia (IIBF) 2016 yang berlangsung di Balai Sidang Jakarta mulai (29/9) hingga (2/10).

Ketua delegasi IIBF dari Malaysia, Mohd. Khair Ngadiron sebagaimana dilansir media setempat, Rabu, kerja sama antara Kementerian Pendidikan Malaysia serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia itu akan memfasilitasi lebih banyak buku terbitan Malaysia dipasarkan di Indonesia.

Ngadiron yang juga Managing Director dan CEO, Institut Terjemahan dan Buku Malaysia (ITBM) mengatakan, tiga lembaga Kementerian Pendidikan yaitu Dewan Bahasa dan Pustaka (DBP), Perbadanan Kota Buku (PKB) dan ITBM mengirim perwakilan masing-masing ke pesta buku tersebut.

"Selain DBP, ITBM dan PKB, delegasi negara turut disertai 22 wakil lain termasuk penulis dan penerbit dari Malaysia untuk mencari peluang memasarkan produk mereka di Indonesia," katanya.

Dia mengatakan Menteri Pendidikan, Datuk Seri Mahdzir Khalid dan Menteri Pendidikan Indonesia, Muhadjir Effendy akan hadir dalam upacara pembukaan IIBF, Kamis.

Sementara itu, Mohd. Khair mengatakan, dalam acara itu, turut diluncurkan empat buku dari Malaysia yang akan dipasarkan di Indonesia berjudul Politik Bangsa Malaysia : Pembangunan Bangsa Masyarakat Majmuk tulisan Prof. Datuk Seri Dr. Mohamed Mustafa Ishak, What A Colorful World : An Illustrated Travelogue (Saadon Ishak), Bahasa dan Pemikiran Melayu (Hassan Ahmad) dan Seri Panduan Permainan Tradisional Anak-Anak (DBP).

Beberapa nota kesepahaman (MoU) melibatkan penerbit buku Malaysia dan Indonesia juga akan diadakan dalam acara tersebut.

Pewarta: Agus Setiawan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016