Jakarta (ANTARA News) - Wall Street ditutup naik pada perdagangan Rabu waktu AS setelah OPEC bersepakat membatasi produksi minyaknya sehingga menutup sentimen negatif dari debat pertama calon presiden Amerika Serikat.

Indeks harga saham energi di bursa mencapai hari terbaik sejak Januari dengan melonjak 4,34 persen setelah OPEc mencapai kesepakatan pengurangan output yang pertama terjadi sejak 2008.

Harga minyak mentah langsung melonjak 6 persen.

Harga saham perusahaan minyak Chevron naik 3,20 persen, sedangkan Exxon Mobil melonjak 4,40 persen. Demikian pula harga saham Caterpillar Inc yang terdongkrak 4,48 persen.

Setelah debat pertama calon presiden AS, pergerakan harga saham di Wall Street berlangsung ketat, namun seketika berubah baik setelah mendapat kabar OPEC bersepakat memangkas produksi minyak sehingga menaikkan harga minyak yang selama ini turun karena kelebihan pasokan.

Indeks Dow Jones Industrial Average menguat 0,61 persen pada 18.339,24 poin, S&P 500 naik 0,53 persen pada 2.171,37 poin, sedangkan Nasdaq terangkat 0,24 persen pada 5.318,55 poin.

Harga saham pada tujuh dari 11 sektor saham S&P naik.

Sejumlah investor mengatakan kesepakatan minyak OPEC hanya menghasilan kemampuan terbatas dalam mendorong harga minyak yang beberapa tahun terakhir ini terus tertekan pada tingkat terendah, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016