Washington (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat Barack Obama akan bergabung dengan pemimpin dunia lain yang menghadiri upacara pemakaman mantan presiden Israel dan peraih Hadiah Nobel Perdamaian Shimon Peres di Yerusalem menurut keterangan Gedung Putih pada Rabu (28/9).

Obama akan memimpin delegasi Amerika Serikat ke Yerusalem untuk menghadiri upacara pemakaman. Ia akan berangkat ke Israel pada Kamis dan kembali ke Amerika Serikat usai upacara pemakaman Jumat menurut pernyataan Gedung Putih.

Obama menyebut Peres sebagai seorang sahabat yang terus berjuang mewujudkan mimpi perdamaian.

Komitmen Peres untuk keamanan Israel dan pencapaian perdamaian "berakar pada pondasi moralnya yang tak tergoyahkan dan optimisme yang tak pernah padam", kata pemimpin Amerika Serikat itu dalam pernyataan Gedung Putih yang dikutip kantor berita AFP.

Obama bersama pemimpin dunia lain seperti mantan presiden Amerika Serikat Bill Clinton, Presiden Prancis Francois Hollande, Presiden Jerman Joachim Gauck dan Pangeran Inggris Charles akan menghadiri upacara pemakaman Peres di Gunung Herzl, Yerusalem, tempat pemakaman para pembesar Israel.

Peres (93) pernah menduduki hampir semua jabatan utama dalam pemerintahan Israel, termasuk menjabat sebagai perdana menteri selama dua periode dan menjadi presiden dari 2007 hingga 2014.(ab/)


Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016