Jakarta (ANTARA News) - Konferensi yang membahas dampak teknologi dan media baru terhadap inisiatif sosial, Social Good Summit 2016, digelar di Jakarta.

Koordinator United Nations Resident Doughlas Boderick mengatakan bahwa Social Good Summit merupakan sebuah forum untuk menginisiasi ide-ide baik yang digelar oleh negara-negara anggota PBB.

"Dunia seperti apa yang ingin kita ciptakan, apa yang bisa kita kontribusikan dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan," kata dia, saat membuka Social Good Summit 2016 di Jakarta, Kamis.

Social Good Summit (SGS) awalnya dilaksanakan di markas PBB, New York, kemudian digelar menyebar ke 80 negara di dunia. SGS juga telah digelar di Indonesia tahun lalu di kantor United Nations Development Programme (UNDP).

SGS diselenggarakan untuk mendorong anak muda melakukan sesuatu bagi dunia terkait dengan 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/ SDG) yang telah dicanangkan pada Agustus 2015 dan telah disepakati oleh 193 negara termasuk Indonesia.

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan diantaranya berisi pemberantasan kemiskinan, pengentasan kelaparan, kehidupan yang sehat, pendidikan berkualitas, kesetaraan gender, air bersih dan sanitasi, energi yang bersih dan murah, dan ekosistem kelautan.

Untuk memberi paparan terkait ekosistem kelautan, turut hadir Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti. SGS tahun ini di Jakarta pembicara inspiratif yang membuat perubahan diantaranya CEO dan pendiri Ruangguru.com, Iman Gusman, serta aktor dan techpreneur Christian Sugiono.

Lebih lengkap, simak video berikut:

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2016