Magelang (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, bakal memberikan bonus kepada atlet daerah tersebut yang meraih medali pada Pekan Olahraga Nasional (PON).

Bupati Magelang Zaenal Arifin di Magelang, Kamis, mengatakan besarnya bonus yang akan diberikan untuk peraih medali emas sebesar Rp10 juta, perak Rp7,5 juta, perunggu Rp5 juta, dan bagi pelatih Rp2,5 juta.

Pada PON XIX di Jawa Barat, Kabupaten Magelang memberangkatkan 13 atlet untuk memperkuat Tim PON Jawa Tengah.

Sebanyak 13 atlet dari Kabupaten Magelang tersebut terdiri atas sembilan cabang olahraga, yakni atletik dua orang, bola voli (1), tarung drajat (1), sepak takraw (3), arung jeram (2), muaythai (4) dan empat orang pendamping meliputi seorang ofisial muaythai, seorang pelatih PASI, seorang wasit serta seorang tenaga medis.

Dari 13 atlet tersebut, 11 atlet pulang membawa medali, antara lain dua meraih medali emas yakni atlet sepak takraw dan arung jeram, sedangkan atlet lainnya meraih medali perak dan perunggu.

Zaenal mengatakan sebagaimana disampaikan saat melepas keberangkatan mereka, para atlet kabupaten yang mewakili Jawa Tengah dalam PON XIX di Jawa Barat akan diberi apresiasi.

"Bonus tersebut akan kami berikan sebagai bentuk apresiasi bagi para atlet yang mewakili Magelang dan Jateng," katanya.

Ia menuturkan bagi atlet yang belum mendapat prestasi akan dilakukan pembinaan sesuai kewenangan daerah dalam bidang olahraga.

"Bagi yang belum berprestasi tentunya akan kami berikan pembinaan. Bentuk reward untuk yang berprestasi terlebih dahulu, bagi yang belum kami lakukan pembinaan sesuai kewenangan daerah di bidang keolahragaan," katanya.

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016