Jayapura, Papua (ANTARA News) - Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Indonesia-PNG dari Batalion Infantri 122/Tombak Sakti (TS) menggelar lomba cerdas cermat Pancasila untuk tingkat pelajar SMA/SMK di aula SMK Negeri 4 Kota Jayapura, Papua, Jumat.

Komandan Batalion Infantri 122/TS, Letnan Kolonel Kohir, di Jayapura, Jumat, mengatakan, lomba cerdas cermat tingkat pelajar itu untuk menyongsong Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada 1 Oktober 2016.

"Untuk mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang dilandasi Pancasila, maka lomba ini dilaksanakan yang diikuti oleh 15 SMA/SMK di Kota Jayapura dan Kabupaten Keerom dan dilaksanakan di aula SMKN 4 Kota Jayapura," kata Kohir.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Keerom, Sucahyo Agung, mengatakan, lomba cerdas cermat ini sangat tepat bagi penerus bangsa, yang nantinya dapat diaplikasikan dan disebarluaskan ke kalangan pelajar itu sendiri maupun ke masyarakat luas.

"Kami sambut baik kegiatan ini, mengingat Kota Jayapura dan Keerom ini merupakan wilayah perbatsan RI-PNG. Banyak ancaman, mulai dari masalah klasik separatis sampai illegal logging dan peredaran narkoba," katanya.

Sementara, ide dari Yonif 122/TS, menurutnya, sangat luar biasa untuk membina ideologi dan pembinaan kebangsaan kepada pelajar diwilayah perbatasan.

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016