Jakarta (ANTARA News) - TelkomSigma anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia Tbk terus menggenjot pembangunan data center miliknya terutama untuk melayani segmen bisnis para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM).

"Kami melayani pasar UKM dengan STAR-DC. Ini banyak peminatnya karena Telkomsigma dikenal sebagai penyedia layanan Teknologi Informasi (TI) dengan standar tinggi," kata CEO TelkomSigma Judi Achmadi di Jakarta, Jumat.

Menurut Judi, STAR-DC (Smart Solution with Trusted, Affordable and Reliable/Star Data Center) adalah layanan data center TIER II plus dengan mengutilisasi atau retrofit aset milik Telkom yang ada yakni Sentral Telepon Otomatis (STO).

Saat ini STAR-DC ada di tujuh lokasi yakni Bandung, Batam, Jatinegara, Surabaya (Kebalen), Karet Tengsin, dan Semarang.

"Sebagian besar tingkat isian sudah 80 persen. Akan dilakukan pengembangan untuk wilayah lain guna menampung kebutuhan industri yang makin marak. Selain itu kita juga optimalkan fasilitas di anak usaha untuk menunjang STAR DC," kata pria yang baru mendapatkan Satyalencana Pembangunan itu.

Ia menjelaskan, STAR-DC juga dijadikan pijakan awal bagi TelkomSigma untuk mengedukasi segmen enterprise yang ingin mencicipi cloud computing.

"Biasanya kalau sudah merasakan penghematan karena menggunakan layanan TelkomSigma ada kebutuhan lebih besar, baru kami tawarkan Data Center Tier III atau III plus. Selain itu kami juga tawarkan layanan STAR Cloud, katanya.

STAR Cloud adalah produk ayanan data center terkomprehensif dengan berbasis Cloud, seperti web-hosting, mail-hosting, penyewaan data center atau co-location untuk back-up system. Layanan ini sangat cocok bagi UKM yang mulai memikirkan pentingnya data base serta jumlah cabang yang mulai tumbuh.

Pada bisnis Data Center TelkomSigma memiliki keunggulan dengan layanan Always on. Dalam operasinya Always on didukung 3 data center TelkomSigma yakni di Serpong, Sentul dan Surabaya.

Telkomsigma adalah jpemilik kapasitas Data Center terluas dengan ketersediaan 100,000 sqm yang kembali berhasil meraih sertifikasi Data Center Tier III dari Uptime Institute.

Sertifikasi dengan kategori TCCF (Tier Certification for Constructed Facilities) telkomsigma Sentul Data Center L2 ini membuktikan bahwa layanan data center telkomsigma telah diakui sebagai IT Solution terbaik yang pertama di Indonesia.

Sebelumnya, Telkomsigma telah meraih sertifikasi dengan kategori TCCF (Tier Certification for Constructed Facilities) DC Telkomsigma Serpong-Wing B pada April 2016, dan menerima sertifikat Uptime Tier III for Design Document terbanyak yang telah dicatat rekor MURI.

(R017)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016