Jakarta (ANTARA News) - Mitsubishi New Mirage resmi diperkenalkan PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) pada akhir Juli 2016 sebagai bentuk penyegaran dari seri Mirage yang sudah mengaspal di Indonesia sejak 2012.

New Mirage yang dibekali mesin 1,2 liter 3-silinder DOHC MIVEC tampil dengan dandanan eksterior dan interior berbeda serta pilihan warna baru yaitu Wine Red Pearl atau warna anggur merah.

Melalui acara "Eksplorasi Gayamu with New Mirage", ANTARA News berkesempatan menjajal New Mirage di atas aspal jalanan Kota Surabaya hingga Malang dan kembali lagi ke Surabaya dengan jarak tempuh sekitar 200 kilometer pada awal pekan ini.

Penyelenggara menyediakan 10 unit New Mirage yang terbagi dalam tiga tipe antara lain GLS, GLX dan Exceed untuk dicoba secara bergantian oleh media. Antara News berkesempatan mencoba tipe GLS dan Exceed yang menjadi tipe tertinggi dengan transmisi CVT.

Pada awal perjalanan, rombongan New Mirage sudah menjadi pusat perhatian di tengah lalu lintas Surabaya. Berkat body mungil namun lincah, Mirage baru tidak kesulitan meliuk-liuk di padatnya lalu lintas dari bandara ke jantung kota Surabaya.

Dalam keadaan macet, atau mengemudi dengan putaran mesin rendah maka lampu indikator "ECO" di meter cluster dashboard akan menyala untuk menandakan mobil dalam mode operasi efisien. Namun, Anda tak perlu cemas jika ingin memacu kendaraan ini dengan rpm tinggi karena Mitsubishi Mirage sudah terkenal irit bahan bakar dan ramah lingkungan.

Setelah lepas dari kemacetan, rombongan berkonvoi menuju Malang sekaligus menjajal tenaga New Mirage di jalanan menanjak dan berliku.

Dibantu dengan transmisi CVT yang mengoptimalkan perpindahan gigi secara halus, City car berbobot sekitar 1.310 kilogram itu bertenaga mengangkut tiga orang penumpang dewasa berserta koper-koper bawaan dan cooler box yang tersusun rapi di bagasi yang cukup luas.

Saat menikung, manuver New Mirage sangat stabil dibantu dengan performa kemudi tipe "Rack pinion with electronic power assist" sehingga bobot setir tidak terlalu berat namun tetap terasa kokoh saat dikemudikan.

Suspensi yang digunakan juga lebih pas, dalam beberapa kesempatan roda Mirage sempat menghantam lubang di jalan namun bantingan yang dirasakan dari kursi pengemudi maupun penumpang tidak keras.

Getaran mobil ini halus saat dipacu dengan kecepatan tinggi, kekedapan suara di dalam ruang kabin juga terjaga sehingga pengemudi bisa menyetir dengan tenang tanpa terusik kebisingan dari luar maupun dari ruang mesin.

Kelapangan ruang kabin New Mirage yang didominasi warna hitam sangat terasa, orang dengan tinggi 175 centimeter dan bobot 85 kilogram mudah keluar-masuk bangku kemudi dan penumpang. Saat duduk, masih tersisa ruang kaki dan kepala yang cukup lapang sehingga tidak melelahkan atau bikin pegel saat digunakan untuk perjalanan yang memakan waktu lama.

Mengemudi dengan cara menyenangkan juga tercermin dari perangkat hiburan New Mirage yang menawarkan suara lebih jernih dan bass yang lebih terasa daripada seri sebelumnya, baik saat didengarkan dari bangku pengemudi atau dari bangku baris kedua.

ANTARA News kemudian menjajal tipe Exceed yang menjadi varian tertinggi dengan Audio Switch Control dilingkar kemudi dan tombol Keyless Operating System untuk menghidupkan mesin.

Tipe Exceed dilengkapi 4 ABS + (EBD) Electronic Brake Distribution dengan tambahan lampu rem di spoiler belakang. Soal kegesitan, tipe Exceed sama dengan GLS dan GSX karena menggunakan mesin serupa, namun penampilan Exceed tentu lebih bergaya dengan beberapa penambahan pada interior dan eksterior.

Interior eksterior baru


Lima perubahan utama pada New Mirage adalah bentuk bumber depan dengan kombinasi warna krom, grille depan lebih besar, bumper belakang yang lebih panjang, spoiler belakang dengan lampu rem, dan foglamp depan dengan dudukan berlapis krom.

Grille depan warna hitam dengan ukuran lebih besar dipadukan warna krom membuat mata langsung tertuju pada liga tiga berlian yang tertempel di bagian tengah depan mobil. List krom pada bumper depan bagian bawah berbentuk seperti garpu yang meruncing ke sisi kanan dan kiri yang memberikan kesan tangguh.

New Mirage juga sudah menggunakan velg alloy ukuran 15 inci yang membuat mobil mungil terlihat lebih gagah dan sporty.

Garis-garis lekukan di sisi kanan dan kiri body New Mirage yang terlihat dari depan hingga belakang memberikan kesan tegas sekaligus menambah aerodinamika mobil.

Khusus tipe Exceed dilengkapi rear spoiler dengan lampu rem LED, lampu sein pada spion yang bisa dilipat otomatis dan desain bulat foglamp yang unik.

Interior New Mirage kini menjadi lebih mewah dengan setir berlapis kulit yang mudah dibersihkan untuk tipe Exceed.

Pengemudi akan disuguhkan bermacam informasi terkait kendaraan dengan adanya meter cluster model baru dengan multi information display (MID) dengan pancaran cahaya teduh sehingga tidak menyilaukan mata saat berkendara malam hari.

Konfigurasi jok baris kedua bisa dilipat 60:40 memberikan kelapangan tambahan jika membawa banyak barang.

Dengan penyegaran baru ini, Mitsubishi New Mirage akan semakin percaya diri bersaing di segmen city car menghadapi Daihatsu Sirion, Honda Brio, Nissan March, Toyota Etios Valco dan Kia Picanto. New Mirage varian GLX ditawarkan dengan harga Rp171,5 juta, GLS seharga Rp183,5 juta dan Rp196 juta untuk varian tertinggi Exceed.

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016