Waktunya memang tidak panjang untuk melengkapi berkas-berkas."
Jakarta (ANTARA News) - Tim sukses pasangan bakal calon Gubernur/Wakil Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni (Agus-Silvy) mengatakan akan segera memenuhi persyaratan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta.

"Sebenarnya tinggal satu, dua, ya yang substansinya itu untuk dilengkapi yang pasti sudah oke," ujar Tim Sukses dari Partai Demokrat Vike Verry Ponto di KPU DKI Jakarta, Sabtu.

Ia mengatakan semua surat sudah selesai dibuat dan tidak ditemui permasalahan saat membuatnya.

Pihaknya akan memeriksa lagi apa saja persyaratan yang masih belum dilengkapi dan segera menyerahkannya sebelum batas akhir penyerahan persyaratan.

"Kami perlu lihat dulu hasil pemeriksaan kira-kira apa saja yang menurut KPU DKI belum. Kemarin saat mendaftarkan kami sudah melengkapi semua," tutur Vike.

Ia mengatakan semua persyaratan yang kurang akan dilengkapi sebelum 4 Oktober 2016.

Sementara itu, Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno mengatakan setiap pasangan calon harus memperbaiki dan melengkapi sampai dengan batas waktu pada Selasa, 4 Oktober 2016.

"Waktunya memang tidak panjang untuk melengkapi berkas-berkas. Pada dasarnya memang semua persyaratan itu penting, sebab kalau tidak penting pasti tidak bisa memenuhi persyaratan," ujarnya.

Ia menuturkan syarat-syarat yang kurang dari ketiga pasangan itu, antara lain ijazah yang belum dilegalisir, surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) dan surat bebas tanggungan pajak lima tahun terakhir.

Kekurangan-kekurangan kecil tersebut, dinilainya, penting agar setiap pasangan calon dinyatakan dapat memenuhi syarat.

Sebanyak tiga pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur sudah mendaftarkan diri ke KPU DKI Jakarta untuk bersaing pada Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2017.

Pasangan calon tersebut adalah Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat (Ahok-Djarot) yang diusung PDI Perjuangan, Nasdem, Golkar dan Hanura, lalu Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni (Agus-Silvy) yang dicalonkan Partai Demokrat, PPP, PKB dan PAN, dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno (Anies-Sandi) yang diusulkan Partai Gerindra dan PKS.

Pewarta: Dyah Dwi A
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016