Memang balapan yang sulit dan tidak mudah jika mengawali balapan dari barisan belakang."
Jakarta (ANTARA News) - Pebalap dari tim Pertamina Campos Racing, Mitch Evans, meraih empat poin setelah finis kedelapan pada balapan feature Grand Prix (GP)-2 di Sirkuit Sepang, Malaysia, Sabtu, dan pria asal Selandia Baru itu bertengger di posisi 10 klasemen.

Mitch Evans hingga seri Malaysia mengumpulkan 85 poin. Jumlah poin yang dikumpulkan pebalap yang didukung Jagonya Ayam KFC Indonesia tertinggi jauh dengan pemuncak klasemen, yaitu Antonio Giovinazzi dengan 189 poin.

Jika Mitch Evans meraih poin meski harus start di posisi 16, maka kondisi berbeda didapat rekan satunya Sean Gelael. Pebalap berusia 19 tahun tersebut hanya mampu finis ke-16 setelah harus start di posisi 20.

"Memang balapan yang sulit dan tidak mudah jika mengawali balapan dari barisan belakang. Saya sudah berusaha maksimal meski hasilnya tidak terlalu memuaskan. Mudah-mudahan balapan kedua besok, Minggu, bisa lebih baik lagi," catat Sean dalam keterangan tertulisnya.

Kondisi berbeda didapat oleh pebalap yang didukung Jagonya Ayam KFC Indonesia, yaitu Antonio Giovinazzi. Pebalap yang memperkuat Prema Racing itu mampu menuntaskan balapan di posisi terdepan setelah sebelumnya start di posisi dua.

Gelar juara yang diraih pebalap Italia tersebut untuk kelima kalinya, setelah GP2 seri Azerbaijan (feature dan sprint race), Belgia (sprint race) dan Italia (feature race).

"Balapan yang luar biasa. Tim bekerja dengan baik. Setelah membuat start yang mulus saya terus berupaya menjaga konsentrasi. Kami punya kecepatan mobil yang bagus, sehingga jelang akhir balapan saya bisa kembali merebut posisi terdepan setelah keluar dari pit stop," catat Anto.

Berbekal kemenangan di feature race Malaysia, pebalap yang juga sahabat karib Sean Gelael itu membuka peluang untuk menjadi juara dunia. Saat ini, Antonio Giovinazzi unggul 11 poin dari rekan satu timnya, yaitu Pierre Gasly.

Balapan satu level dibawah Formula 1 (F1) tersebut menyisakan tiga arena, yaitu sprint race di Sirkuit Sepang Malaysia, Minggu (2/10) dan dua balapan lagi (feature dan sprint race) di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, medio November 2016.

Kemenangan yang diraih oleh Antonio Giovinazzi terbilang tidak mudah karena terus mendapatkan tekanan dari pebalap asal Rusia, Sergey Sirotkin, yang akhirnya finis diurutan kedua. Sedangkan, posisi tiga direbut pebalap dari tim Racing Engineering asal Prancis, Norman Nato.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016