Sepang (ANTARA News) - Juara dunia Formula 1 Lewis Hamilton, yang mengincar kemenangan ke-50nya pada akhir pekan ini, menjadi yang tercepat pada sesi latihan akhir untuk Grand Prix Malaysia Minggu.

Pebalap Britania itu mencatatkan waktu satu menit 34,434 detik pada Sabtu siang yang panas di mana suhu mencapai 50 derajat celcius.

Catatan waktu pebalap Mercedes itu lebih cepat 0,445 detik dibanding yang dicatatkan Max Verstappen, yang laju larutnya membuat dirinya duduk ke posisi kedua untuk Red Bull, berbagi posisi dengan Hamilton dan rekan setimnya Nico Rosberg.

Kecepatan Hamilton mendekati lebih cepat lima detik dibandingkan catatan waktu di trek itu pada tahun lalu.

Pebalap Ferrari Kimi Raikkonen mencatatkan waktu tercepat urutan keempat, unggul atas rekan setimnya Sebastian Vettel, pemenang tahun lalu, yang menghantam papan iklan saat terpelintir di tikungan terakhir.

Pebalap Australia Daniel Ricciardo menghuni urutan keenam untuk Red Bull, tertinggal sedetik dari Hamilton dan unggul atas Nico Hulkenberg yang membela Force India.

Valtteri Bottas dan Felipe Massa menghuni urutan kedelapan dan kesepuluh, untuk Williams, yang diapit oleh pebalap Toro Rosso Carlos Sainz.

Fernando Alonso, yang harus memulai balapan di belakang grid pada Minggu, tampil cukup baik pada latihan terakhir.

Pebalap Spanyol itu, yang hanya berencana untuk mencatatkan waktu satu putaran yang bagus untuk memastikan ia mendapatkan tempat pada grid berisi 22 pebalap pada kualifikasi, terlihat lebih fokus pada laju panjang mobil McLarennya.

Ia akan menjalani penalti 15 posisi terkait penggunaan mesin baru, setelah timnya memutuskan untuk memasang turbo charger dan komponen MGU-H hybrid yang lebih segar pada Sabtu.

Juara dunia dua kali itu telah turun 30 posisi karena menguji mesin terkini Honda pada latihan Jumat.

Mercedes menuju balap Minggu dengan tekad memastikan gelar konstruktor mereka untuk ketiga kalinya secara beruntun, namun pertarungan antara kedua pebalap mereka masih ketat seperti biasa.

Rosberg memegang keunggulan delapan angka atas Hamilton di klasemen sementara, setelah memenangi tiga balapan terakhir, demikian Reuters.

(H-RF)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016