Bekasi (ANTARA News) - PT Jasa Marga Tol Jakarta-Cikampek memastikan arus lalu lintas di sekitar Gerbang Tol Cikarang Utama telah kembali lancar, Sabtu malam, pascakemacetan panjang hingga ke arah Dawuan, Karawang.

"Saat ini kondisi di GT Cikarang Utama lancar terhitung pukul 20.00 WIB setelah sejumlah titik kemacetan kita antisipasi," kata Humas Jasa Marga Jakarta-Cikampek Iwan Abrianto di Bekasi.

Menurut Iwan, kecelakaan di KM 61 sekitar Dawuan yang melibatkan dump truck dan container telah selesai dievakuasi pukul 14.00 WIB dan lalu lintas berangsur pulih.

Kondisi lalu lintas dipastikan benar+benar pulih sekitar pukul 20.00 WIB akibat hambatan di sejumlah tempat peristirahatan.

"Meski masih terjadi kepadatan di beberapa titik, namun kepadatan tidak semata dampak antrean akibat kecelakaan, melainkan juga karena antrean keluar masuk rest area di KM19, KM33, KM39, dan KM57," katanya.

Menurutnya, proses evakuasi bangkai kendaraan berlangsung cukup lama sejak kejadiannya berlangsung pukul 05.10 WIB.

"Jasa Marga sejak kejadian segera melakukan usaha evakuasi. Proses evakuasi cukup memakan waktu, karena posisi dua kendaraan saling berhimpitan," katanya.

Untuk mengevakuasi kedua kendaraan tersebut, Jasa Marga mengerahkan satu alat crane kapasitas 80 ton, satu kendaraan truk rescue serba guna kapasitas 40 ton, serta dua kendaraan derek.

Iwan mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk tetap berhati-hati dan mengantisipasi perjalanan dengan memantau kondisi lalu lintas.

"Kondisi lalin bisa dipantau melalui Jasa Marga Traffic Information Center 14080 atau dengan mengakses twitter @PTJASAMARGA dan m.jasamargalive.com," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016