Cibubur (ANTARA News) - Ketua Umum Partai Demokrat yang juga Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono menyebut putranya, Agus Harimurti Yudhoyono, yang sekarang menjadi bakal calon gubernur DKI Jakarta, sebagai "bintang politik".

"Sekarang bintangnya AHY, kalau SBY cuma pangsiunan (pensiunan)," ujar SBY disela acara Agus Harimurti Yudhoyono bertemu media massa di Cibubur, Jawa Barat, Senin.

SBY hadir dalam acara tersebut bukan untuk mendampingi Agus bertemu dengan media massa, melainkan untuk memimpin konsolidasi internal Partai Demokrat yang sudah dilakukan sebelum acara temu media.

Sesudah memimpin konsolidasi, SBY didampingi istrinya Ani Yudhoyono langsung bertolak meninggalkan lokasi pertemuan seraya menyatakan kepada wartawan bahwa saat ini Agus lah yang menjadi "bintang politik", bukan dirinya.

Agus Harimurti Yudhoyono memutuskan keluar dari jalur militer dan beralih ke dunia politik untuk maju sebagai kandidat calon Gubernur DKI Jakarta 2017-2022. Agus menyebut keputusan itu bagaikan perjalanan satu tiket dan tidak ada jalan untuk kembali.

Dalam acara temu media, Agus secara gamblang memaparkan bahwa keputusan meniti jalur politik adalah keputusannya pribadi. Agus merasa tidak nyaman mendengar isu yang menyatakan bahwa dirinya dipaksa kedua orang tuanya untuk meniti jalur politik.

"Beredar dugaan saya dipaksa dan ditekan. Sampai ada yang mengatakan pak SBY dan ibu Ani tega sekali memaksa saya meninggalkan karier militer, dan itu agak menyakitkan. Tidak ada orang tua manapun yang ingin menjerumuskan anaknya sendiri," papar Agus.

Dalam Pilkada DKI Jakarta 2017, Agus yang berpasangan dengan Sylviana Murni dan didukung Demokrat, PAN, PKB, serta PPP, akan bersaing dengan pasangan petahana Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat (PDIP, Golkar, Hanura, Nasdem) dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno (Gerindra dan PKS).

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016