London (ANTARA News) - Pelatih tim nasional Italia Giampiero Ventura, Selasa, mengatakan Spanyol kini sudah berbeda di bawah kepemimpinan pelatih Julen Lopetegui.

"Pelatih ini (Lopetegui), yang tentunya saya hormati, telah memberikan timnya adrenalin, keyakinan dan membuat mereka menjadi tim Spanyol yang sepenuhnya berbeda dari yang sebelumnya," ujar Ventura.

Italia dan Spanyol akan bertemu dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2018 pada Kamis (6/10) atau Jumat dini hari WIB. Kedua tim nasional ini dapat dikatakan "baru" karena adanya pergantian pelatih.

Spanyol kini ditangani oleh mantan pelatih U-21 Spanyol Julen Lopetegui yang menggantikan Vicente del Bosque. Sementara Italia, yang sebelumnya dilatih Antonio Conte, saat ini dilatih oleh Ventura yang sudah berada 35 tahun di dunia kepelatihan tetapi belum meraih satupun trofi kejuaraan besar.

Ventura masih kesulitan dalam mendapatkan keseimbangan dalam timnya. Pada pertandingan persahabatan melawan Prancis, pertandingan pertama Ventura, mereka harus menelan kekalahan dengan skor 1-3.

Italia baru berhasil meraih kemenangan dengan skor 3-1 ketika melawan Israel dalam kualifikasi Piala Dunia 2018, yang mana adalah pertandingan kompetitif perdananya. Namun dalam pertandingan tersebut mereka harus kehilangan pilar di lini belakang Giorgio Chiellini yang diusir wasit.

Hal itu membuat Chiellini harus absen di pertandingan besar melawan Spanyol, tim yang pernauh juara dunia dan juara Eropa, sama seperti Italia.

Kenyataan ini semakin berat untuk Italia mengingat lawannya, Spanyol, berhasil memenangi dua pertandingan terakhirnya di bawah kepemimpinan Lopetegui, termasuk mengalahkan tim kuat Belgia dengan skor 2-0 di pertandingan persahabatan di Brussels, Belgia.

Kemenangan kemudian berlanjut pada pertandingan selanjutnya melawan Liechteinstein pada Kualifikasi Piala Dunia 2018. Juara Piala Dunia tahun 2010 itu melumat lawannya dengan skor 8-0.

Di masa kepemimpinannya, Lopetegui telah membuat beberapa keputusan penting, seperti dengan berani tidak memasukkan sosok kapten dan pemegang rekor penampilan bersama tim nasional Iker Casillas, serta dua pemain langganan tim nasional Pedro Rodriguez dan Cesc Fabregas ke dalam tim. Demikian laporan Reuters.

(Uu.M054/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016