NEW YORK--(Antara/BUSINESS WIRE) -- Lembaga konsultasi merek terkemuka, Interbrand, menobatkan Apple, Google, dan Coca-Cola sebagai tiga merek paling bernilai di dalam laporannya, 2016 Best Global Brands, dimana merek-merek otomotif dan teknologi mendominasi daftar ini - Tesla dan Dior berhasil masuk ke dalam daftar merek Top 100. Selain itu, memasuki tahun ke-17, laporan ini menghadirkan fitur Anatomy of Growth dan opini Interbrand terhadap cara merek-merek besar membangun bisnis yang besar.

 

"Sudah jelas merek-merek global terbaik yang kami rangkum di daftar ini tidak hanya mampu beradaptasi terhadap perubahan, tapi juga mendorong terjadinya perubahan," ujar Global CEO Interbrand, Jez Frampton. "Mereka memahami kalau Anatomi Pertumbuhan mereka kompleks, unik, dan personal; mengembangkan merek dan bisnis mereka, mereka mempelajari kondisi internal dan eksternal industri, ekspansi ke pasar-pasar baru, dan menciptakan pengalaman dan nilai yang baru."

 

Untuk empat tahun berturut-turut, Apple dan Google kembali menguasai posisi teratas. Nilai merek Apple naik lima persen menjadi USD178,119 juta, sedangkan nilai merek Google melonjak 11 persen menjadi USD133,252 juta. Coca-cola, Microsoft, Toyota, IBM, Samsung, Amazon, Mercedes-Benz, dan GE masing-masing menghuni hingga peringkat 10. Untuk pertama kalinya, Dior dan Tesla berhasil masuk ke dalam daftar Best Global Brands, yang masing-masing menghuni ranking 89 dan 100.

 

Laporan Best Global Brands juga menghadirkan daftar Top Growing Brands yang meliputi lima merek dunia, yaitu Facebook (pertumbuhan 48 persen), Amazon (33 persen), LEGO (25 persen), Nissan (22 persen), dan Adobe (21 persen).

 

Merek otomotif dan teknologi mendominasi Best Global Brands pada tahun ini - menguasai total 29 posisi. Tahun ini, industri ritel menjadi Sektor dengan Pertumbuhan Tertinggi, dengan pertumbuhan mencapai 19 persen, diikuti oleh industri olahraga dan barang mewah - masing-masing mengalami kenaikan 10 persen.

 

Nilai merek gabungan dari 100 merek teratas mencapai USD1,796,384 juta, naik 4,8% dari 2015. Untuk mengetahui ranking 100 merek teratas dan laporan yang lengkap dengan analisi pertumbuhan, sektor, dan tren industri yang komprehensif, silakan kunjungi www.bestglobalbrands.com.

 

Metodologi

Laporan tahunan Interbrand ke-17 menganalisa cara merek-merek mengembangkan dunia bisnis - mulai dari memenuhi ekspektasi konsumen hingga menghadirkan nilai ekonomi. Metodologi ini adalah metode valuasi merek pertama yang mendapatkan sertifikasi ISO.

 

Ranking ini didasarkan atas tiga komponen kunci yang berkontribusi terhadap nilai kumulatif merek:

- Performa finansial dari produk dan layanan yang dimiliki sebuah merek

- Peran merek dalam memengaruhi pilihan konsumen

- Kemampuan merek untuk memiliki harga premium atau memberikan pendapatan terhadap perusahaan

 

Tentang Interbrand

Di Interbrand, kami percaya kalau pertumbuhan dapat diraih apabila sebuah perusahaan memiliki strategi yang jelas dan mampu memberikan pengalaman pelanggan yang impresif. Kami mengimplementasikan keduanya melalui perpaduan antara strategi, kreativitas, dan teknologi yang membantu wujudkan pertumbuhan baik untuk klien kami maupun dunia bisnis. Dengan jaringan 29 kantor di 22 negara, Interbrand adalah agensi merek global, dan penerbit laporan tahunan yang sangat berpengaruh, Best Global Brands dan Breakthrough Brands, dan ajang penghargaan untuk industri internet, Webby Award. Interbrand adalah bagian dari jaringan agensi Omnicom Group Inc. (NYSE:OMC).

 

Baca versi aslinya di businesswire.com: http://www.businesswire.com/news/home/20161004006720/en/

 

Kontak

 

Untuk informasi lebih lanjut:

Interbrand

Paola Norambuena, +1-212-798-7590

Chief Content Officer

paola.norambuena@interbrand.com

 

 

Sumber: Interbrand

 

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2016