Denpasar (ANTARA News) - Pengelola Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, menyatakan jumlah penumpang baik domestik maupun internasional di bandara setempat naik 16 persen pada triwulan ketiga 2016 dibandingkan periode sama tahun sebelumnya.

General Manajer PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Yanus Suprayogi di Denpasar, Kamis, menjelaskan hingga akhir September 2016 pihaknya telah melayani 14,8 juta penumpang.

"Jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, terjadi peningkatan yang cukup signifikan. September lalu jumlah penumpang yang kami layani 12,7 juta sedangkan tahun ini 14,8 juta. Artinya ada peningkatan hingga 16 persen," ucapnya.

Menurut dia, jika dilihat dari komposisinya, jumlah penumpang domestik dan internasional relatif sama yaitu masing-masing 7,4 juta penumpang.

Angkasa Pura I bandara setempat mencatat dalam periode empat tahun terakhir, pertumbuhan penumpang 2016 ini merupakan yang tertinggi.

Selain jumlah penumpang, peningkatan juga terjadi pada jumlah cargo baik yang tiba atau keluar Bali serta pergerakan pesawat.

Yanus menjelaskan jumlah barang yang diangkut melalui kargo mengalami peningkatan yang sangat signifikan mencapai lebih dari 30 ribu ton atau naik 39 persen dibanding 2015, sedangkan jumlah pergerakan pesawat naik 10 persen yaitu 103 ribu.

"Kami optimistis baik jumlah penumpang, pesawat maupun kargo sampai akhir tahun ini akan terus mengalami peningkatan," ucapnya.

Pewarta: Dewa Wiguna
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016